EFEKTIVITAS STRATEGI TULIS BERANTAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 JAKARTA

Adhini Ning Tyas, . (2013) EFEKTIVITAS STRATEGI TULIS BERANTAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Adhini - Abstrak.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Skripsi 1 bundel - awal.pdf

Download (880kB)
[img] Text
Skripsi 1 bundel - isi.pdf

Download (994kB)
[img] Text
Skripsi 1 bundel - lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya setiap pengajaran bahasa bertujuan agar para pembelajar mempunyai keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa mencakup empat aspek, yaitu kemampuan membaca, kemampuan menulis, kemampuan berbicara dan kemampuan menyimak. Pemahaman merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan membaca, sebab pemahaman terhadap suatu bahan bacaan dapat meningkatkan keterampilan membaca itu sendiri. Sedangkan untuk mendapatkan keterampilan menulis, tidak cukup hanya dengan mempelajari tata bahasa saja, tapi juga diperlukan latihan-latihan untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Tulis berantai merupakan sebuah pengembangan strategi pembelajaran yang mengadaptasi konsep pembelajaran kooperatif. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam hal menulis. Strategi ini dianggap cocok untuk memotivasi siswa dan membuat pelajaran menulis menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan. Penelitian yang berjudul “Efektivitas Strategi Tulis Berantai Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Jakart” ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi tulis berantai dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Jakarta. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan strategi tulis berantai dalam proses pembelajaran membaca dan menulis serta memberikan tes hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Sedangkan desain yang digunakan adalah posttest only control group design yaitu dengan membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian berjumlah 69 siswa, dengan kelas eksperimen berjumlah 34 orang, dan kelas kontrol berjumlah 35 orang. Tes hasil belajar dianalisis dengan teknik kuantitatif dengan menggunakan data hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis yaitu thitung > ttabel, berarti hal ini mengindikasikan tercapainya efektivitas strategi tulis berantai dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Jakarta, dimana nilai thitung= 3,699361 dan ttabel 5%= 2,00. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa Ho “ditolak”, dan Hk “diterima”. Berarti terdapat efektivitas strategi tulis berantai dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada siswa kelasa XI SMA Negeri 10 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nur Saadah, ; 2). Cut Erra
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 17 Oct 2019 10:53
Last Modified: 17 Oct 2019 10:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item