PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA TOPIK PEMBAHASAN BAJA SEBAGAI BAHAN BANGUNAN

MUCHLIS ABDI, . (2017) PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA TOPIK PEMBAHASAN BAJA SEBAGAI BAHAN BANGUNAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (664kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (566kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (485kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf

Download (522kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (301kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dalam memahami topik pembahasan baja sebagai bahan bangunan dalam mata kuliah ilmu bahan bangunan. Penelitian ini merupakan True Experiment Research Pre-test – Post-test Design. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Media pembelajaran di validasi oleh ahli materi dan ahli media untuk mendapatkan kelayakan uji coba. Selanjutnya dilakukan uji coba instrumen tes pada mahasiswa Program Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2014. Setelah itu dilakukan uji lapangan pada mahasiswa Program Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2016. Analisis data digunakan uji-T dua pihak sampel independen melalui program SPSS V17. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh selisih rerata hasil belajar (pre-test dan post-test) sebesar 33,18 dan mengalami peningkatan yang terjadi sebesar 16,59 %. Sedangkan pada kelas kontrol, memperoleh selisih rerata hasil belajar (pre-test dan post-test) sebesar 23,64 dan mengalami peningkatan yang terjadi sebesar 11,82 %. Setelah itu dilakukan uji-T dua pihak sampel independen dengan memperoleh hasil uji sebesar 0,027 < 0,05. Maka dapat disimpulkan perbedaan hasil belajar penggunaan multimedia interaktif berbasis CAI lebih besar dibandingkan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Powerpoint terhadap selisih rerata hasil belajar mahasiswa pada topik pembahasan baja sebagai bahan bangunan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. The objectives of this research was designed to determined the difference in learning outcomes using interactive multimedia based CAI with Powerpoint-based learning media on the topic discussion of steel as a building material in Education of Building Engineering Studies Program State University of Jakarta and assist students in understanding the topic discussion of steel as a building material in materials science courses. This research is a True Experiment Research Pre-test – Post-test Design. The method used is an experimental method. Validated by expert instructional media content and media experts to get the feasibility trial. Furthermore, the test instrument was tested on the student Education of Building Engineering Studies Program class of 2014. After that conducted field test to student Education of Building Engineering Studies Program class of 2016. Data analysis is used T-test two independent sample side through program SPSS V17. The results of this research means that the experimental class obtain the mean difference in learning outcomes (pre-test and post-test) of 33,18 and have an increase of 16,59%. While the control class obtain a mean difference of learning outcomes (pre-test and post-test) of 23,64 and have an increase of 11,82%. Furthermore, T-test two independent sample side was conducted by obtain the test result of 0,027 < 0,05. So it can be concluded differences in learning outcomes use of interactive multimedia based CAI is greater than the use of Powerpoint-based learning media on the difference in the average results of student learning on the topic discussion of steel as a building material on the student Education of Building Engineering Studies Program State University of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Gina Bachtiar, M.T 2) Dra. Daryati, M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 05:52
Last Modified: 26 May 2022 05:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29104

Actions (login required)

View Item View Item