PERBEDAAN DAYA TERIMA KONSUMEN PADA SOSIS IKAN LELE DENGAN PENAMBAHAN BUMBU NUSANTARA (BUMBU OPOR, BUMBU GULAI, DAN BUMBU RICA – RICA)

MOHAMAD NOORZI MANTASYA, . (2017) PERBEDAAN DAYA TERIMA KONSUMEN PADA SOSIS IKAN LELE DENGAN PENAMBAHAN BUMBU NUSANTARA (BUMBU OPOR, BUMBU GULAI, DAN BUMBU RICA – RICA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi PDF.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penambahan bumbu opor, bumbu gulai dan bumbu rica pada sosis ikan lele terhadap daya terima konsumen. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium, Program Studi Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta pada bulan September 2015 sampai Desember 2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Daya terima sosis ikan lele dinilai berdasarkan uji mutu hedonik terhadap aspek warna, rasa, aroma dan tekstur dengan jumlah panelis sebanyak 30 orang. Sebelumnya, produk sosis ikan lele telah melalui tahap validasi yang diujikan kepada 4 orang panelis ahli dan dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk dilanjutkan ketahap uji Organoleptik. Data hasil penilaian panelis dianalisis dengan menggunakan uji Friedman dan uji Tuckeys. Hasil deskripsi data uji daya terima menyatakan bahwa secara rata – rata untuk aspek warna, rasa, dan aroma, sosis ikan lele dengan penambahan bumbu rica – rica adalah yang paling disukai dengan nilai rata – rata 4,50, 4,33 dan 4,40 yang berada pada kategori suka. sedangkan untuk aspek tekstur yang paling disukai adalah sosis ikan lele bumbu gulai dengan rata – rata 4,23 yang berada pada kategori suka. Sedangkan untuk hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa hanya pada aspek warna dan rasa yang terdapat perbedaan daya terima, pada hasil uji tuckeys menunjukan bahwa sosis ikan lele bumbu gulai dan bumbu rica – rica adalah yang paling disukai. Dapat disimpulkan bahwa sosis ikan lele bumbu gulai dan sosis ikan lele bumbu rica – rica adalah formula yang paling disukai dalam aspek warna dan rasa. Sedangkan untuk aspek aroma dan tekstur semua sosis dengan bumbu opor, bumbu gulai, dan bumbu rica – rica disukai oleh panelis. This study aims to identify and analyze the effect of adding opor spices, curry spices, and rica-rica spices in the catfish sausage for consumer acceptance. This research was held at the Laboratory of Culinary Studies Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta in September 2015 to December 2016. This study used an experimental method. The acceptance of catfish sausage assessed by testing the quality of colour, taste, aroma and texture to 30 panelists. Previously, the catfish sausage products have been through the validation phase which tested by four expert panelists and eligible for continued to Organoleptik test. The data of panelist ratings analyzed using Tuckeys and Friedman test.The result indicate that from the aspect of colour, aroma, and flavor of sausage catfish, that rica - rica is the most preferred with averages 4.50, 4.33 and 4.40 based on preferred category. While for the most preferred texture aspect is catfish sausage with curry spices with averages 4.23. While the hypothesis test results showed that only in aspect of colour and flavour there is a different acceptance in curry catfish sausage and rica - rica spices catfish sausage using Tuckeys test result. It can be concluded that the catfish sausage with curry spices and catfish sausage with rica - rica spices is the most preferred formula in aspect of color and flavor. While for aroma and texture aspects, all of the catfish sausage with opor spices, curry spices, and rica - rica spices were preferred by the panelists.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Cucu Cahyana, S.Pd, M.Sc 2) Dr.Ir.Ridawati, M.Si
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 07:45
Last Modified: 26 May 2022 07:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29115

Actions (login required)

View Item View Item