Peningkatan Penguasaan Kosakata Arab Dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas 7 MTsN 28 Jakarta

KANIA NURHERDIANA, . (2017) Peningkatan Penguasaan Kosakata Arab Dengan Menggunakan Media Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas 7 MTsN 28 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Kania Nurherdiana.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa siswa kelas 7-3 MTsN 28 Jakarta mengalami kesulitan dalam menguasai kosakata Arab. Hasil pengamatan di lapangan dari hasil tes kemampuan awal dalam menjawab soal- soal yang diajukan, diperoleh rata- rata kelas 59,3. Hal ini tidak sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 70. Fokus penelitian adalah peningkatan kosakata Arab baik dalam membaca, menulis dan mengartikan kosakata dengan menggunakan media permainan Ular Tangga (Snake Ladder). Penggunaan media ini merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam menguasai kosakata Arab. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang merupakan salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes hasil belajar yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam memahami kosakata Arab. Observasi yang digunakan sesuai format observasi untuk mengukur kinerja guru dan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini telah berhasil mendeskripsikan implementasi penggunaan media permainan Ular Tangga (Snake Ladder) dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata Arab. Kemampuan penguasaan kosakata Arab menjadi lebih meningkat, hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes awal ke siklus I terjadi peningkatan sebesar 17,9%, di siklus II terjadi peningkatan sebesar 12,2%. This research is motivated by the fact in the field that the students of grade 7-3 MTsN 28 Jakarta have difficulty in mastering Arabic vocabulary. Field observation results from initial capability tests in answering the given questions, is 59.3 the average value of this class. This is not in accordance with the minimum completeness criteria is 70. The focus of the study is the improvement of Arabic vocabulary both in reading, writing and interpreting vocabulary using Snake Ladder (Snake Ladder) game media. The use of this medium is one way that can be used to assist students in mastering Arabic vocabulary. The method used in this research is Classroom Action Research method (PTK), which is one of the teacher's efforts in the form of various activities undertaken to improve the quality of learning in the classroom. The PTK model used is Kemmis and Mc Taggart model consisting of planning, implementation, action, observation and reflection. The instrument used is the test of learning and observation. The test of learning outcomes used to measure student’s success in understanding Arabic vocabulary. Observations are used according to the observation format to measure the performance of teachers and students in learning. This research has succeeded in describing the implementation of Snake Ladder game usage in learning activity to increase mastery of Arabic vocabulary. The ability of Arabic vocabulary mastery to be increased, this can be proven from the results of the initial test to cycle I increased by 17.9%, in cycle II an increase of 12.2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Romdani, M.Pd 2) Dr. Nuruddin, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 20:33
Last Modified: 26 May 2022 20:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29165

Actions (login required)

View Item View Item