SEPTI RAHMANIA, . (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANTARA SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
03.KATA PENGANTAR.pdf Download (136kB) |
|
Text
05.BAB I .pdf Download (141kB) |
|
Text
04.DAFTAR ISI,TABELGAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (145kB) |
|
Text
01.COVER.pdf Download (54kB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (137kB) |
|
Text
10.BAB IV.pdf Download (345kB) |
|
Text
06.BAB II.pdf Download (271kB) |
|
Text
11.BAB V.pdf Download (87kB) |
|
Text
08.BAB III (KISI-KISI INSTRUMEN ).pdf Download (270kB) |
|
Text
09.BAB III. HIPOTESIS.pdf Download (235kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN 5. DATA GAYA KOGNITIF.pdf Download (414kB) |
|
Text
12.DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (146kB) |
|
Text
15.LAMPIRAN 4.KUNCI JAWABAN LITERASI SAINS.pdf Download (288kB) |
|
Text
13.LAMPIRAN 1-2. INSTRUMEN GEFT.pdf Download (366kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN 3. TES LITERASI SAINS.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN 6-9 DATA LITERASI SAINS DAN UJI HI[POTESIS.pdf Download (580kB) |
Abstract
Literasi sains adalah kemampuan untuk mengunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah dan menyimpulkan berdasarkan bukti-bukti tentang isu-isu sains. literasi sains merupakan tujuan utama dari pembelajaran sains pada siswa berusia 15 tahun sebelum siswa mempelajari sains secara terpisah atau dibagi dalam subjek tertentu (fisika, biologi dan kimia). Dalam proses pembelajaran sains, siswa mempunyai perbedaan dalam cara belajar dan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu perbedaan tersebut disebabkan oleh gaya kognitif yang dimiliki siswa. Perbedaan gaya kognitif diperkirakan menghasilkan kemampuan literasi sains yang berbeda pula. Gaya kognitif yang dibahas dalam penelitian ini adalah gaya kognitif menurut Witkin dan Goodenough (1981) yaitu Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains siswa dengan gaya kognitif Field Independent dan siswa dengan gaya kognitif Field Dependent. Penelitian ini dilakukan di SMAN 68 Jakarta pada bulan April-Mei 2015. Metode yang digunakan adalah metose Ex post Facto. Sampel penelitian sebanyak 135 siswa kelas X MIA (21 siswa FD dan 114 siswa FI). Hasil uji prasyarat dengan kolmogorov-smirnov (α = 0,05) dan Levene test (α = 0,05), menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil Uji Independent sample tTest (α = 0,05) menunjukkan nilai p 0,002<0,05 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata skor literasi sains antara siswa Field Independent dan Field Dependent. Siswa dengan gaya kognitif Field Independent mencapai skor lebih tinggi dari siswa dengan gaya kognitif Field Dependent dengan perbedaan skor rata-rata sebesar 9,849 dari rentang nilai 0-100.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mieke Miarsyah, M.Si. ; 2). Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed. |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 27 May 2022 06:07 |
Last Modified: | 27 May 2022 06:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29206 |
Actions (login required)
View Item |