PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

SETYO WARJANTO, . (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak .pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (697kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ringkasan.pdf

Download (90kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada pengembangan media pembelajaran induksi elektromagnetik untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2015 sampai bulan Juni 2015 di SMA Negeri 87 Jakarta. Obyek penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran pada materi gaya gerak listrik induksi. Media yang dikembangkan adalah berupa seperangkat alat percobaan gaya gerak listrik induksi yang digunakan untuk melatih keterampilan proses sains pada siswa.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development ( R & D ) dengan model Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah atau tahap. Adapun tahap tersebut terdiri atas : (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Ujicoba Pemakaian, (6) Revisi Produk, (7) Ujicoba Produk, (8) Revisi Desain ,(9) Revisi Prosuk, (10) Produksi Masal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah butir validasi yang digunakan pada proses Expert Judgement dalam proses pengembangan media / alat dan tes tertulis untuk mengukur keterampilan proses sains. Hasil penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran induksi elektromagnetik dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada diri siswa dengan prosentase kelayakan menurut ahli materi sebesar 88,87 % dan ahli media sebesar 98 %. Sedangkan efektifitas peningkatannya dilihat dari N Gain skor sebesar 0,0012. Dengan skor peningkatan keterampilan proses sains siswa sebesar 12,48 %

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Esmar Budi, M.T. ; 2). Dr. I Made Astra, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 27 May 2022 06:44
Last Modified: 27 May 2022 06:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29218

Actions (login required)

View Item View Item