PENGARUH PENAMBAHAN BUAH ALKESA PADA PEMBUATAN SRIKAYA TERHADAP DAYA TERIMA KONSUMEN

MERISTA SHELA, . (2017) PENGARUH PENAMBAHAN BUAH ALKESA PADA PEMBUATAN SRIKAYA TERHADAP DAYA TERIMA KONSUMEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MERISTA SEHLA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penambahan buah alkesa pada pembuatan srikaya terhadap daya terima konsumen. Peneltian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Program Studi Tata Boga, Fakultas Teknik, Univesitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada Februari 2016 sampai dengan Februari 2017. Metode yang dilakukan yaitu metode eksperimen yaitu pembuatan srikaya dengan penambahan buah alkesa. Analisis daya terima menggunakan metode survey yaitu penilaian daya terima oleh konsumen dengan uji hedonik untuk pengujian pada aspek warna, rasa, aroma dan tekstur yng dilakukan kepada 30 orang mahasiswa Tata Boga. Hasil survey penelitian menunjukkan bahwa produk srikaya dengan penamabahan buah alkesa dapat diterima masyarakat dari aspek warna, rasa, aroma dan tekstur pada kriteria suka dan sangat suka. Hasil uji hipotesis friedman untuk penambahan buah alkesa dengan persentase 15%,30%, dan 45% pada pembuatan srikaya menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap daya terima konsumen pada aspek warna, rasa, dan tekstur yaitu untuk aspek warna dengan penambahan buah alkesa sebanyak 45% merupakan produk yang paling disukai oleh konsumen, untuk aspek rasa dengan penambahan alkesa sebanyak 15% dan 30% merupakan produk yang paling disukai oleh konsumen, dan untuk aspek tekstur dengan penambahan alkesa sebanyak 15% adalah yang paling disukai oleh konsumen. Sedangkan untuk aspek aroma tidak terdapat pengaruh yang signifikan berdasarkan daya terima konsumen. Hasil uji pembeda tuckey’s menunjukkan bahwa nilai tertinggi adalah produk srikaya dengan penambahan buah alkesa sebanyak 15% merupakan formula yang paling disukai oleh konsumen. The objective of thing research is to know and analyze the effect of addition canistel on the making of srikaya toward consumer receptivity. This research was done in processing Laboratory for Food and Nutrition Program, Technoc Faculty, State University of Jakarta. Period of this research is February 2016 until February 2017. The method that was used in the research is experiment method that is done in this research is making srikaya with canistel addition. The acceptance analyze with survey method of the receptivity by consumer using hedonic test for colour, taste, flavor and texture test was done to 30 culinary college students. The result of survey research that show the addition of canistel on the making of srikaya can be accepted by the people based by colour, taste, flavor, and texture , on the criteria of like and most like. The resukt of friedman hypothesis on addition of canistel 15%, 30%, and 45% on making of srikaya showed significant effect toward receptivity for the colour, taste, and texture, for colour addition 45% canistel on making of srikaya is the most like by the people and taste addition 15% and 30% canistel on making of srikaya is the most like by the people and for the texture addition 15% canistel on making of srikaya is the most like by the people. Meanwhile for the flavor there is no significant influence towards receptivity. The result of tuckey’s differentiator test show that the highgest is srikaya with 15% addition of canistel is the most liked formula by the consumer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra.Suci Rahayu, M.Pd 2) Dr.Ir. Mahdiyah, M.Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 May 2022 04:00
Last Modified: 28 May 2022 04:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29315

Actions (login required)

View Item View Item