JAZMI MUDARIS, . (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MUATAN IPA TEMA “SEHAT ITU PENTING” DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN PULOGADUNG 09 PAGI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB I.pdf Download (189kB) |
|
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf Download (117kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (366kB) |
|
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (151kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (289kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (111kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (187kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (69kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (193kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN.pdf Download (147kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar muatan IPA tema “sehat itu penting” siswa kelas V SDN Pulogadung 09 Pagi Pulogadung Jakarta Timur dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pulogadung 09 Pagi Pulogadung Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas V pada semester I tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 39 orang. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengisian angket/kuesioner dan melakukan wawancara, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siklus I adalah 74%, dan siklus II 85%. Adapun skor rata-rata motivasi siswa pada siklus I adalah 89,38, dan siklus II 102,6 dari skor secara teoretis berkisar antara 30-120. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui pendekatan kontekstual dalam pembelajaran muatan IPA dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menumbuhkan atau meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Pulogadung 09 Pagi Pulogadung Jakarta Timur. The purpose of this study was to analyze the increase in motivation to learn content science theme "Healthy is important" grade V students of SDN Pulogadung 09 Pagi Pulogadung East Jakarta by using a contextual approach. The research was conducted in SDN Pulogadung 09 Pagi Pulogadung East Jakarta. The subjects were students of grade V in the first semester of the school year 2014/2015, amounting to 39 people. The research method is to use a class action research cycle model of Kemmis and Mc Taggart with each cycle of four phases: planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques by filling the questionnaire and interviews, as well as data collection by using documentation/photos taken during the learning process. The results show that the data obtained from the learning process by using a contextual approach in the first cycle is 74%, and 85% the second cycle. The average score of student motivation in the first cycle was 89.38, and the second cycle of scores 102.6 theoretically ranges from 30-120. Therefore learning by using a contextual approach can increase student motivation. The implication of this research is through contextual approach to learning science content can be used as an alternative to foster or improve students' motivation grade V SDN Pulogadung 09 Pagi Pulogadung East Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd. ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd. |
Subjects: | Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2022 05:25 |
Last Modified: | 30 May 2022 05:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29359 |
Actions (login required)
View Item |