TIARA KARINA, . (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA ROKET AIR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA SMA KELAS XI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER, LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (243kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI, RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
Text
ABSTRAK, ABSTRACT, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
|
Text
BAB I, II, III, IV, V.pdf Download (8MB) |
Abstract
Implementasi Kurikulum 2013 mulai Tahun Pelajaran 2013/2014 mengarahkan paradigma pendidikan berorientasi pada siswa (student centered). Akan tetapi, didapatkan fakta di lapangan bahwa Kompetensi Dasar 4.5 di kelas XI yaitu memodifikasi roket sederhana dalam menerapkan hukum kekekalan momentum belum tercapai. Hal ini dikarenakan tidak adanya alat peraga yang memfasilitasi tercapainya Kompetensi Dasar 4.5 di kelas XI. Maka dari itu perlu dikembangkan alat peraga roket air untuk menunjang tercapainya Kompetensi Dasar 4.5. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga roket air sebagai penunjang pembelajaran fisika untuk siswa SMA kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan pada September-Januari 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development, dengan langkah-langkah pengembangan: (1) melakukan analisis alat peraga roket air yang akan dikembangkan, (2) pengembangan media awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan atau kelayakan, (5) desiminasi dan implementasi. Penelitian dan pengujian alat peraga dilakukan di Bengkel Mekanik Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, SMA Negeri 1 Jakarta dan SMA Kartini 1. Adapun responden penelitian ini adalah responden ahli (expert review) dan responden uji lapangan (field test). Dari penelitian yang dilakukan alat peraga diuji cobakan kepada ahli media pembelajaran, ahli materi fisika, guru, serta tanggapan siswa terhadap alat peraga yang dibuat. Instrumen uji coba berupa angket rating scale dengan teknik analisis data yang digunakan menggunakan perhitungan skala Likert dengan pilihan skor 1-4. Diperoleh hasil pengambilan data hasil sesuai dengan hasil perhitungan secara teoritik dengan presentase error kurang dari 10%. Diperoleh hasil uji validasi terhadap ahli media sebesar 83.36%, ahli materi sebesar 95.83%, guru fisika 90.81% dan hasil uji coba alat peraga terhadap siswa adalah sebesar 88.92% yang diinterpretasikan sangat baik. ********* Implementation of Curriculum 2013 was started in the school year 2013/2014 directing educational paradigm on students centered. However, the Basic Competencies 4.5 in class XI is to modify the rocket in applying the law of conservation of momentum has not been achieved. Due to practical sets that facilitate the achievement of basic competencies 4.5 in class XI. Therefore it is necessary to develop a set of water rocket to support the achievement of basic competencies 4.5. This research aimed is to develop viewer tool of water rocket as physics learning media for senior high school grade XI. The research was conducted in September�Januari 2015 at the Material Laboratory of Physics Department of Mathematics and Natural Science in State University of Jakarta, 1 Senior High School and Kartini 1 Senior High School. The method used in this research is Research and Development (RnD) methods, the steps are: (1) to analyze viewer tool of water rocket to be developed, (2) the development of early media, (3) expert validation and revision, (4) field testing or eligibility, (5) dissemination and implementation. The respondents of this research is the expert review and field test. From research conducted set of water rocket tested to expert instructional media, materials physics expert, teacher, and student responses to the props that have been made. Instrument pilot rating scale questionnaire form with data analysis techniques are used using a Likert scale calculations with a score of 1-4 choices. Data retrieval results obtained in accordance with the results of theoretical calculations with percent error less than 10%. Validation of the test results obtained by a media expert 83.36%, amounting to 95.83% of matter experts, 90.81% of physics teachers and the test results of the students' props are interpreted by 88.92% which is very good.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr.Ir. Vina Serevina, M.M. ; 2). Hadi Nasbey, S.Pd.,M.Si. |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2022 06:14 |
Last Modified: | 30 May 2022 06:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29398 |
Actions (login required)
View Item |