PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA SD NEGERI MENTENG ATAS 05 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

MISWAR ABDILLA LIE, . (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA SD NEGERI MENTENG ATAS 05 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (176kB)
[img] Text
10. PROPOSAL-BAB-II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
9. PROPOSAL-BAB-I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (283kB)
[img] Text
11. PROPOSAL-BAB-III.pdf

Download (505kB)
[img] Text
12. PROPOSAL-BAB- IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. PROPOSAL-BAB-V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan menulis laporan melalui Pendekatan Quantum Learning di kelas V SD Negeri Menteng Atas 05 Pagi, serta kendala-kendala yang dihadapi selama proses penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan Quantum Learning yang tidak diarahkan untuk menguji hipotesis tetapi untuk menggambarkan variable atau kemampuan menulis laporan pada materi Bahasa Indonesia bagi siswa sekolah dasar kelas V dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penelitian lapangan dengan melakukan pengamatan langsung dan penelitian keputusan pada dokumen-dokumen sekolah, dan buku petunjuk serta referensi. Berdasarkan hasil analisis proses belajara mengajar dari satu siklus ke siklus lainnya terjadi peningkatan kemampuan menulis laporan melalui pendekatan quantum learning yang dilakukan dari siklus I ke skilus II. Pada siklus I hasil evaluasi kemampuan menulis laporan hanya mencapai rata-rata 79 adapun pada siklus II hasil evaluasi kemampuan menulis laporan mencapai rata-rata 85,15. Dengan demikian terjadi terjadi peningkatan hasil belajar menuli laporan melalui penggunaan Pendekatan Quantum Learning sebesar 6,15. adapun aktivitas guru dala menggunakan pendekatan quantum learning juga mengalami peningkatan 25% dari siklus I ke siklus II. Dari hasil pembelajaran ini menunjukan bahwa penggunaan pendekatan quantum learning dapat menungkatkan kemampuan menulis laporan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas V SD Negeri Menteng Atas 05 pagi Setiabudi Jakarta Selatan. This research generally aims to find out how increasing the ability to write reports through Quantum Learning Approach in class V SD Negeri Menteng Atas 05 Pagi, as well as the obstacles encountered during the research process. The method used in this research is through Quantum Learning approach is not geared to test the hypothesis, but to describe the variable or the ability to write reports on the matter Indonesian for fifth grade elementary school students with classroom action research (PTK). Data collection techniques in this research through field research by direct observation and research decisions on school documents, and manuals and reference. Based on the results of the analysis of the process of teaching and learn some vital lessons from one cycle to another cycle of an increase in the ability to write reports through a quantum approach to learning is done from the first cycle to skilus II. In the first cycle of evaluation results the ability to write reports only reached an average of 79 while the second cycle of the evaluation results the ability to write reports reached an average of 85.15. Thus occurred an increase in learning outcomes menuli reports through the use of Quantum Learning Approach by 6:15. While the activities of teachers dala using quantum learning approach also increased 25% from the first cycle to the second cycle. From the results of this study show that the use of quantum learning approach can menungkatkan ability to write reports in Indonesian subjects for students of class V SD Negeri Menteng Atas 05 05 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd ; 2). Dra. Sehati Kaban, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 06:56
Last Modified: 30 May 2022 06:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29412

Actions (login required)

View Item View Item