MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERNAPASAN DAN PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS V SD AR-RAHMAN MOTIK JAKARTA SELATAN

MITA ALMAS GHASANI, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERNAPASAN DAN PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS V SD AR-RAHMAN MOTIK JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA docx.pdf

Download (88kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
ABSRTAK INDO.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ASRTACT ING.pdf

Download (85kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (5kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Ar-Rahman Motik tentang pernapasan dan pencenaan manusia menggunakan metode inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SD Ar-Rahman Motik Jakarta Selatan pada semester II tahun ajaran 2014-2015 dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 29 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, non tes, dan catatan jurnal penelitian. Hasil evaluasi belajar IPA yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 79,31% dan pada siklus II menjadi 100%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil yang dicapai siswa mengalami peningkatan sebesar 20,69%. Hal tersebut dikarenakan efektivitas dari proses pembelajaran menggunakan metode inkuiri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan metode inkuiri dalam pemebelajaran IPA tentang pernapasan dan pencernaan manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Ar-Rahman Motik Jakarta Selatan The aims of this research was to improve the science of learning respiratory and digestion human at five grade of Ar-Rahman Motik Elementary School through inquiry method. This research was conducted at Ar-Rahman Motik Elementary School South Jakarta at second semester of 2014-2015 with 29 of students at five grade. The method of this research conducted was classroom action research which using by Kemmis and Mc Taggart. Method this research conducted through planning stages, class action/implementation, observation, and reflection. The data was collected by using test instruments, non-test, and field notes. The result of this research the students science learning evaluation on first cycle have been achieved, the number of 79.31% and for the second cycle to be 100%. It proves that the outcome of students was improve into 20.69% due to the effective of learning process through inquiry method. The conclusion of the research was by using inquiry method in science can improve science learning outcomes students at five grade of Ar-Rahman Motik Elementary School South Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana ; 2). Dra. Gusti Yarmi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 07:05
Last Modified: 30 May 2022 07:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29416

Actions (login required)

View Item View Item