PENERAPAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR HEREDITAS PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI JAKARTA

YULISNAENI, . (2015) PENERAPAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR HEREDITAS PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (943kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi hereditas dengan metode role playing. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Jakarta pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, reflektif jurnal, angket, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 30 orang siswa. Kriteria keberhasilan tindakan dilihat dari peningkatan minat dan hasil belajar siswa antara siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan role playing dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Pencapaian peningkatan minat dan hasil karena perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode role playing yang baik, materi yang sesuai dengan metode role playing dan pengenalan karakteristik siswa. Berdasarkan hasil angket minat diperoleh bahwa siswa berminat dalam proses pembelajaran dengan metode role playing. Nilai hasil belajar Siswa yang mencapai KKM sebanyak 60% (18 orang) dan pada siklus kedua sebanyak 76,67% (23 orang) dari 30 siswa. Rata-rata nilai siswa yang diperoleh pada siklus kedua adalah 72,05, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 80,10. Sehingga penerapan metode role playing dalam pembelajaran hereditas dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. ***** This Classroom Action Research (PTK) aims to improve the students’ interest and learning outcomes in heredity material by role playing method. The participants of this research are the 11th grade students of State Religious Senior High school (MAN) in Jakarta in the even semester, the education year of 2013-2014. The data collection is conducted by observation, interview, journal reflective, questionnaires, and learning outcome test. The research is conducted in two cycles to 30 students. The action successful criteria are seen from the improvement of students’ interest and learning outcomes between the first cycle and second one. The research result shows that the implementation of role playing approach can improve the students’ interest and learning outcomes. The achievement of interest and outcome improvements is because of the good planning and implementation of learning process by role playing method, the appropriate material by role playing method as well as the students’ characteristic introduction. Based on the interest questionnaire results, it is obtained that the students are having the interest in learning process with role playing method. The students’ learning outcome score reaching the KMM (Minimal Completeness Criteria) are 60% (18 students) and in the second cycle are 76,67% (23 students) out of the 30 students. The average students’ scores obtained in the second cycle is 72,05 while in the second cycle, it improves to be 80,10. So the role playing method implementation in the heredity learning can improve the students’ interest and learning outcomes. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi hereditas dengan metode role playing. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Jakarta pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, reflektif jurnal, angket, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 30 orang siswa. Kriteria keberhasilan tindakan dilihat dari peningkatan minat dan hasil belajar siswa antara siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan role playing dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Pencapaian peningkatan minat dan hasil karena perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode role playing yang baik, materi yang sesuai dengan metode role playing dan pengenalan karakteristik siswa. Berdasarkan hasil angket minat diperoleh bahwa siswa berminat dalam proses pembelajaran dengan metode role playing. Nilai hasil belajar Siswa yang mencapai KKM sebanyak 60% (18 orang) dan pada siklus kedua sebanyak 76,67% (23 orang) dari 30 siswa. Rata-rata nilai siswa yang diperoleh pada siklus kedua adalah 72,05, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 80,10. Sehingga penerapan metode role playing dalam pembelajaran hereditas dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Rini puspitaningrum, M.Biomed. ; 2). Dr. Yulia Irnidayanti, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 02:42
Last Modified: 31 May 2022 02:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29429

Actions (login required)

View Item View Item