OCHTAVIANTI, . (2015) Pengaruh Pembelajaran Induktif Terhadap Hasil Belajar Fisika di SMAN 112 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
g. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
|
Text
a. Judul.pdf Download (50kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (86kB) |
|
Text
BAB 1, induktif.pdf Download (190kB) |
|
Text
BAB 2 induktif.pdf Download (397kB) |
|
Text
BAB 3 induktif.pdf Download (378kB) |
|
Text
BAB 4 induktif.pdf Download (346kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (181kB) |
|
Text
c. Abstrak-daftar.pdf Download (370kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah ada pengaruh positif pembelajaran induktif dengan pendekatan saintifik (scientific approach) terhadap hasil belajar fisika, yakni aspek kognitif (pengetahuan) siswa. Proses pembelajaran saintifik (scientific) merupakan perpaduan antara proses pembelajaran yang semula terfokus pada eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dilengkapi dengan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan. Tujuan pembelajaran dengan pendekatan saintifik didasarkan pada keunggulan pendekatan tersebut, antara lain: (1) meningkatakan kemampuan intelek, khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi, (2) untuk membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah secara sistematik, (3) terciptanya kondisi pembelajaran dimana siswa merasa bahwa belajar itu merupakan suatu kebutuhan, (4) diperolehnya hasil belajar yang tinggi, (5) untuk melatih siswa dalam mengomunikasikan ide-ide, khususnya dalam menulis artikel ilmiah, dan (6) untuk mengembangkan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimental yaitu quasi eksperimen yang melakukan suatu cara untuk membandingkan kelompok. Desain yang digunakan dalam penelitian quasi eksperimen ini adalah The Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 112 Jakarta dengan subjek penelitian siswa kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda. Data dalam penelitian ini merupakan data hasil belajar fisika (ranah kognitif) yang dianalisis menggunakan uji-T dengan taraf signifikansi 0,05. ********** The aim of this research was to know if there is a positive effect of inductive learning in the scientific approach to the results of physics in cognitive (knowledge). Process of scientific learning is a combination of focused on explorating, elaborating, and confirmating which equipped with observating, questioning, experimenting, associating, and communicating. The purpose of scientific approach learning is based on the point of the approach, including: (1) increase the ability of the intellect, especially high-level thinking skills, (2) to form a student's ability to solve a problem in a systematic way, (3) the create of conditions in which students feel that learning is a necessity, (4) got high result of academic, (5) to train students in communicating, especially in writing articles ilmah, and (6) to develop students' character. Method of this research is quantitative method, that is quasi experimental which do a method to compare the different groups. The design of this research is the nonequivalent control group. The sample used in this research were taken by purposive sampling technique. This research was done in SMAN 112 Jakarta with X MIA 4 as an experimental class and X MIA 1 as the control class. Technic of collecting data was used the test form of multiple choice questions.The data in this research is the result of physics learning (cognitive) were analyzed using t-test with a significance level of 0.05.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Siswoyo, M.Pd. ; 2). Drs. Cecep E. Rustana, Ph.D. |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2022 03:40 |
Last Modified: | 31 May 2022 03:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29443 |
Actions (login required)
View Item |