UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE PERMAINAN FUTSAL MELALUI VARIAN BERBENTUK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 252 JAKARTA TIMUR

BONAR INDO PRATAMA SARAGIH, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE PERMAINAN FUTSAL MELALUI VARIAN BERBENTUK PERMAINAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 252 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V~.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I~.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB III~.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV~.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB II~.pdf

Download (182kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (957kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (20kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (15kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan orisinalitas.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan penulis di lapangan, Pada saat belajar mengajar guru menggambarkan bahwa keadaan siswa kelas VIII SMP Negeri 252 Jakarta Timur memiliki keanekaragaman seperti yang dimiliki oleh siswa-siswa lain padaumumnya, mulai dari perbedaan latarbelakang ekonomi, kemampuan berpikir, kondisi psikologi, keterampilan gerak, sikap, maupun bakat dan minat sungguh berbeda-beda. Dalam proses pembelajaran permainan futsal di sekolah SMP Negeri 252 Jakarta Timur , yaitu pada pembelajaran dribble dengan varian permainan, dengan menetapkan varian permainan yang tepat sangat diharapkan siswa-siswa lebih mudah menerima pembelajaran teknik dribble dalam futsal. Maka perlu diperhatikan indicator unjuk kerja tubuh mendribbling bola denganposisiyang berkaitandalam proses yang baik dan benar sebelum melaksanakan dribble, antara lain posisi badan saat akan melaksanakan gerakan dan pandangan pada saat perkenaan dengan bola. Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan 1 diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Siswa belum paham dan kurang mengerti tentang konsep mendribbling bola futsal, 2) Siswa belum dapat melakukan tahap persiapan dengan sempurna, yaitu dikarenakan posisi kaki tumpu dan berat badan belom pas dan posisi kaki tidak di buka selebar bahu, 3) Siswa belum dapat melakukan gerakan perkenaan bola di karenakansentuhanpada bola tidak pada posisi yang tepat sehingga arah bola tidak teratur, 4) Siswa belum dapat melaksanakan gerakan akhir dengan sempurna dikarenakan badan tidak condong kedepan dan hilangnya keseimbangan badan. Kegiatan Siklus 2 yang direalisasikan melalui tindakan 2 memberikan hasil sebagai berikut: 1) Siswa paham akan konsep mendribbling bola, 2) Siswa dapat melakukan tahapan mendribbling bola, 3) Siswa dapat mengetahui kekurangan pada diri sendiri, 4) Siswa senang mengikuti pelajaran mendribbling bola futsal. Hasil dari penelitian ini adanya peningkatan dalam kemampuan mendribbling bola melalui varian permainan, tes awal nilai rata-rata siswa 59.1 Siklus I nilai rata-rata siswa 72.5 dan nilai rata-rata siklus II 87.3 .Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada tes awal di nyatakan tuntas sejumlah 3 siswa (13.0%), siklus 1 siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 8 siswa (34.8%),dan siklus 2 siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 23 siswa (100%)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Yansen H. Jutalo, M.Pd 2) Muchtar Hendra Hasibuan, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 May 2022 09:51
Last Modified: 30 May 2022 09:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29475

Actions (login required)

View Item View Item