PERSUASI PADA TEKS IKLAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DALAM MAJALAH CUISINE ACTUELLE

DITA AYU PERMATASARI, . (2016) PERSUASI PADA TEKS IKLAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DALAM MAJALAH CUISINE ACTUELLE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
3. RÉSUMÉ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (392kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf

Download (508kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf

Download (56kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Hasil Karya Sendiri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)

Abstract

Skripsi yang berupa penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wacana persuasif pada teks iklan produk makanan dan minuman dalam majalah Cuisine actuelle edisi Desember 2015-Maret 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui wacana persuasif dalam teks iklan, digunakan teori persuasi yang menyatakan bahwa wacana persuasif dapat menggunakan l’argument scientifique (argumen ilmiah), la phrase interrogative (kalimat tanya), la phrase exclamative (kalimat eksklamatif), la métaphore (metafora), la phrase impérative (kalimat imperatif), dan les mots puissants (kata-kata penguat). Hasil analisis data menunjukan bahwa wacana persuasif pada teks iklan produk makanan dan minuman dalam majalah Cuisine actuelle paling banyak menggunakan kata-kata penguat atau les mots puissants. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam meningkatkan pemahaman lebih mendalam tentang wacana persuasif. Dalam pembelajaran, teks iklan dapat digunakan sebagai media yang dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide dalam membuat wacana persuasif pada mata kuliah Production Orale dan Production Ecrite, serta keterampilan menyimak pada mata kuliah Réception Ecrite.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dian Savitri, M.Pd ; 2). Dr. Amalia Saleh, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:18
Last Modified: 23 Jan 2020 14:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2949

Actions (login required)

View Item View Item