PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK RELASI DAN FUNGSI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS X SMK

QOTHROTUN NADA, . (2015) PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK RELASI DAN FUNGSI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS X SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (95kB)
[img] Text
abstrak, k pengantar, daftar isi.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (34kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Biografi Penulis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika untuk kelas X SMK. Berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan guru matematika SMKN 10 Jakarta, media pembelajaran yang akan dikembangkan adalah CD interaktif dan materi pokok yang dimuat adalah relasi dan fungsi dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari lima tahap, yaitu analisis kebutuhan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, serta uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa yang dilakukan oleh 3 responden, diperoleh persentase 84,85% yang diinterpretasikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa CD interaktif sudah sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar pada Kurikulum 2013, uraian materi sesuai dengan konsep matematika, pendekatan kontekstual, dan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berdasarkan hasil validasi ahli media oleh 3 responden, diperoleh persentase 90,62% yang diinterpretasikan sangat baik. Visual dan audio dalam CD interaktif sudah bagus, navigasi konsisten, dan pemilihan software sudah tepat. Berdasarkan hasil uji coba lapangan skala kecil, diperoleh persentase 87,50% yang diinterpretasikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan skala besar, diperoleh persentase 84,90% yang diinterpretasikan sangat baik. Siswa merasakan manfaat CD interaktif dan tertarik dengan penggunaannya. Berdasarkan hasil uji coba guru oleh 2 responden, diperoleh persentase 81,23% yang diinterpretasikan sangat baik. CD interaktif yang dikembangkan ini dapat digunakan dan dipahami oleh siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa CD interaktif yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Utami, M.Pd. ; 2). Dra. Suprakarti, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 06:17
Last Modified: 31 May 2022 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29508

Actions (login required)

View Item View Item