MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS III SDN PULOGADUNG 10 PETANG JAKARTA TIMUR

LUSIA BRANSIK, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS III SDN PULOGADUNG 10 PETANG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak Skripsi Indonesia-Inggris.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Moto dan persembahan.pdf

Download (85kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (42kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (798kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 10 petang pulogadung Jakarta timur. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 10 Petang Pulogadung Jakarta Timur dari mencari model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran di SDN 10 Petang Pulogadung Jakarta Timur, khususnya pada mata pelajaran IPS. Dalam penelitian ini menggunakan metode perbelajaran cooperative learning tipe Think-Pair-Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan Spiral Kemmis dan Mc Taggart sebagai acuan di dalam langkah-langkah pembelajaran terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Proses pembelajaran think-pair-share siswa dapat bertukar pendapat dengan pasangan pada saat berdiskusi. Instrumen yang digunakan adalah lembar kerja siswa dalam setiap diskusi kelompok dan tes hasil belajar pada akhir siklus. Pengecekan keabsahan data dari peneliti tindkan kelas ini menggunakan triangulasi, catatan lapangan dan instrumen pamantau tindakan lapangan. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh bahwa 30% dari jumlah siswa kelas III SDN 10 Petang Pulogadung Jakarta Timur, yang memperoleh skor≥ 65% yaitu siklus I 76,92% mengalami peningkatan pada siklus II 82,05%. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran IPS. Dengan demikian dapat disimplkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Think-Pair-Share dapat membuat keaktifan siswa menjadi lebih meningkat dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN10 Petang Pulogadung Jakarta Timur. ***** The background of this research is still low yields third grade social studies students of SDN 10 petang Pulogadung eastern Jakarta. This study aims to resolve the problem still low yields third grade social studies students of SDN 10 Evening Pulogadung Jakarta East from seeking appropriate learning models in the learning process in SDN 10 petang Pulogadung Jakarta East, especially in social studies. In this study using a model of cooperative learnig study Think-Pair-Share. This research is a class act who use Spiral Kemmis and Mc Taggart as a reference in the learning steps consisted of two cycles. Each cycle consists of four interrelated phases: planning, implementation, action, observation, and reflection. The learning process think-pair-share students can exchange opinions with the couple during the discussion. The instrument used was a student worksheet in each test group discussion and learning outcomes at the end of the cycle, observation and research. Keasbsahan checking the data of the first acts of this class researchers using triangulation, field notes and acition monitiring instruments. Based on this study, found that 30% of the number of third grade students of SDN 10 petang Pulogadung Jakarta East, which gained skor≥ 65 is the first cycle increased 76,92% 82,05% in the second cycle. In addition, students become more active in the learning process IPS. Thus it can be disimplkan that the application of cooperative learning tipe Think-Pair-Share can be made active students become more increased in the learning process and can improve student learning outcomes IPS Class III SDN10 petang Pulogadung Jakarta East

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari M.Pd. ; 2). Dr. Yurniwati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 23:15
Last Modified: 31 May 2022 23:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29559

Actions (login required)

View Item View Item