PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD

SITI AROFAH, . (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4.LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
1.LEMBAR JUDUL.pdf

Download (29kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
3.LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
9.BAB I SKRIPSI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
10.BAB II SKRIPSI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
6.LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (42kB)
[img] Text
7.LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
15.DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (104kB)
[img] Text
11.BAB III SKRIPSI.pdf

Download (981kB)
[img] Text
13.BAB V SKRIPSI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
12.BAB IV SKRIPSI.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas III SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 01 Guntur Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Sebanyak 66 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain posttest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar IPA, yang dianalisis dengan uji-t. Hasil uji Hipotesis didapatkan thitung = (2,23) > ttabel = (1,67). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan pendekataan saintifik dapat memberikan manfaat terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa. Pendekatan saintifik merupakan salah satu alternatif yang dapat dgunakan dalam pembelajaran IPA. This experimental study aims to determine the effect of Scientific Approach on science achievement thrid grade elementary school. The sample in this study is the third grade students of SDN 01 Pagi Guntur Setiabudi, South Jakarta. A total of 66 students. Sampling using cluster random sampling technique. The method used was experimental method, with design posttest only control design. Data collected by using science achievement test, which was analyzed by t-test. Hypothesis test results tcount = (2.23) > ttable = (1.67). It can be concluded that there are differences between the science achievement results following study with scientific approach and the following study with conventional approaches. The implication of this study is that the use of the scientific approach to provide benefits to improving science achievement. The scientific approach is one alternative that can be used in science teaching.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si ; 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:11
Last Modified: 02 Jun 2022 07:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29643

Actions (login required)

View Item View Item