MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V DI SDS BUDI WANITA SETIABUDI JAKARTA SELATAN

SITI NURJANAH, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V DI SDS BUDI WANITA SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
C. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
E. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (187kB)
[img] Text
B. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (396kB)
[img] Text
H. BAB 1.pdf

Download (252kB)
[img] Text
I. BAB 2.pdf

Download (385kB)
[img] Text
F. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
J. BAB 3.pdf

Download (415kB)
[img] Text
N. DAFTAR TABEL.pdf

Download (191kB)
[img] Text
O. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
L. BAB 5.pdf

Download (93kB)
[img] Text
M. DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (89kB)
[img] Text
A. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (29kB)
[img] Text
K. BAB 4.pdf

Download (701kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDS Budi Wanita Setiabudi Jakarta Selatan 30 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan (plan), tindakan (action), observasi (observe), dan refleksi (reflect). Hasil penelitian ini menunjukkan data yang diperoleh dari siklus I, hasil belajar IPA yang diperoleh sebesar 60% atau hanya 18 siswa dan siklus II hasil belajar meningkat menjadi 93,33% atau sebanyak 28 siswa yang memperoleh nilai 70. Adapun hasil penggunaan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus I pemantau tindakan guru mencapai 60% untuk siswa yaitu 60% dan pada siklus II untuk pemantau tindakan guru mencapai 100% sedangkan siswa 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDS budi wanita setiabudi Jakarta selatan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. ************ This research is aimed improving learning outcome by model problem based learning (PBL) on fourth grade student. The subjects of this research were 30 fourth grade student of SDS Budi Wanita Setiabudi South Jakarta. Disctrict. Kemmis and Mc. Taggart model was used in this Class Action Research. The research procedure was a cycle show that only 60% or of 18 student and the percentage improved in the second cycle where 93,33% or of the 28 student to obtain the score of the 70. The complete result of the use of the teacher reached 60% to 100% and the students are on the seconds cycle to monitor of teacher reached 60% and 100% of students. Based the research outcome, it can be concluded that the model problem based Learning (PBL) can help improve the learning outcome of the Fourth Grade Student of SDS Budi Wanita Setiabudi South Jakarta. The research implies that model problem based learning (PBL) can be used as one of the tools to improve learning outcome of natural science in fourth grade student of elementary school

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si. ; 2). Yetty Auliaty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:45
Last Modified: 06 Jun 2022 02:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29730

Actions (login required)

View Item View Item