PENGGUNAAN METODE PERMAINAN BAHASA “BACA LAKUKAN” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG KALIANGKE 13 PAGI CENGKARENG, JAKARTA BARAT

YUNI FATMAWATI, . (2015) PENGGUNAAN METODE PERMAINAN BAHASA “BACA LAKUKAN” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG KALIANGKE 13 PAGI CENGKARENG, JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4-SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (64kB)
[img] Text
3-ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text
1-COVER DAN HALAMAN JUDUL.pdf

Download (71kB)
[img] Text
2-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
6-KATA PENGANTAR.pdf

Download (162kB)
[img] Text
7-DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
14-BAB IV.pdf

Download (854kB)
[img] Text
11-BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
15-BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
12-BAB II.pdf

Download (335kB)
[img] Text
13-BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
16-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik dalam meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa melalui penggunaan metode permainan bahasa Baca Lakukan di kelas IV SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi Cengkareng, Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan di SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi yang beralamat di Jalan Komplek Departemen Agama Kp. Kalimati RT 007 RW 03 Kedaung Kaliangke Cengkareng, Jakarta Barat dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengamatan metode permainan bahasa Baca Lakukan meningkat, pada pemantau tindakan guru dan siswa dari 73% pada siklus pertama menjadi 92% pada siklus kedua. Sementara itu dari hasil pengamatan terhadap keterampilan membaca nyaring siswa menunjukkan peningkatan dari 61% pada siklus pertama menjadi 93% pada siklus kedua. Hasil diperkuat lagi dengan foto-foto kegiatan pembelajaran tentang metode permainan bahasa Baca Lakukan dalam meningkatkan keterampilan membaca nyaring kelas IV SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi Cengkareng, Jakarta Barat. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa dengan penggunaan metode permainan bahasa Baca Lakukan dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas IV SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi Cengkareng, Jakarta Barat. The purpose of this study was to obtain empirical data in improving the student skills of reading aloud through the use of read and do language games method IV grade SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi Cengkareng, West Jakarta. The story was conducted in SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi, address at Komplek Departemen Agama Street Kp. Kalimati RT 007 RW 03 Kedaung Kaliangke Cengkareng, West Jakarta with fourth grade student research subject SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi in the second semester of the academic year 2014/2015. This study uses a Class Action Research (PTK). The data was collected using observation sheets and documentation. The results of data collection were analyzed descriptively using percentages techniques through reflective studies, participatory, and collaborative. The results showed that the observational read and do language games method, the teacher and students monitor actions of 73% in the first cycle to 92% in the second cycle. Meanwhile, from observations of student skills of reading aloud showed an increase of 61 % in the first cycle to 93% in the second cycle. The results reinforced by photographs of the read and do language games method of learning activity to improve the student skills of reading aloud grade IV SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi Cengkareng, West Jakarta. Implications of the results of this study is that with the use of read and do language games method can improve the student skills of reading aloud in fourth grade students of SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi Cengkareng, West Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir S., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:58
Last Modified: 07 Jun 2022 02:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29788

Actions (login required)

View Item View Item