PENERAPAN FONETIK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERBAHASA SISWA TUNARUNGU KELAS VI DI SLB BC CEMPAKA PUTIH

WILDHANAVAN RIZALDI, . (2015) PENERAPAN FONETIK UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERBAHASA SISWA TUNARUNGU KELAS VI DI SLB BC CEMPAKA PUTIH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. abstrak indonesia.pdf

Download (6kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (5kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
5. abstrak inggris.pdf

Download (6kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (142kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (318kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (682kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kesadaran berbahasa melalui penerapan fonetik pada siswa tunarungu kelas VI di SLB BC Cempaka Putih. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI tunarungu di SLB BC Cempaka Putih sebanyak 5 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan belajar tuntas, yang menghasilkan peningkatan prosentase hasil belajar, peneliti telah menetapkan kriteria ketuntasan minimal 70% untuk keterampilan berbicara. Sebelum melakukan tindakan siklus I, peneliti mengadakan prates untuk memperoleh data awal. Data hasil prates untuk kesadaran berbahasa siswa memperoleh hasil dibawah 70% berarti masih dibawah ketuntasan minimal yang sudah ditentukan. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus akhir 2 diperoleh data bahwa semua subjek penelitian telah memperoleh nilai tes antara 70% sampai 80% berarti telah memenuhi kriteria ketuntasan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan fonetik dapat meningkatkan kesadaran berbahasa bagi siswa tunarungu kelas VI di SLB BC Cempaka Putih Jakarta Pusat. The purpose of this research is to increase awareness of speaking through applying of phonetics at the deaf students in the class VI SLB BC Cempaka Putih. The subjects were grade VI deaf students being in Cempaka Putih SLB BC by 6 students. The method used in this study is action research. This study was conducted by 2 cycles, each cycle using the action procedure action planning, action, observation, and reflection. Data analysis in this research study completed using the calculation, which results in an increase in the percentage of learning outcomes, researchers have established a minimum of 70% completeness criteria for beginning speaking skills students. Before taking action the first cycle, the researcher held a pre-test to obtain initial data. Data pre-test results for beginning speaking skills students acquire reading below 70% means stills below the prescribed minimum completeness. After doing research on the class action the end of cycle 2 data showed that all subjects have obtained scores between 70% to 80% means it has met the criteria of completeness. The conclusion of this study is that the applying phonetic can increase awareness speaking at the deaf students beginning being SLB BC Cempaka Putih in Central Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini P, M.S,p.Ed. ; 2). Indra Jaya M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Fonologi, Fonetik
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:33
Last Modified: 07 Jun 2022 03:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29800

Actions (login required)

View Item View Item