VALERINA, . (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) TENTANG RUMAH-RUMAH ADAT DI INDONESIA PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (48kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (41kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (355kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf Download (59kB) |
|
Text
9. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (36kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (83kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (68kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (194kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (634kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (404kB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (270kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN DATA.pdf Download (488kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tentang rumah-rumah adat di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran tipe example non example pada peserta didik tunagrahita ringan kelas III. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SLB C Frobel Montessori II Depok sebanyak 9 peserta didik. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research) dengan model Mc. Kemmis & Taggart dimana penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe example non example dapat dijadikan salah satu upaya dalam mengembangkan hasil belajar IPS. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiappeserta didik sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik tunagrahita ringan. This classroom action research aims to improve learning outcomes for Social Sciences (IPS) of the traditional houses in Indonesia by using model types example non-example the mild mentally disabled learners class III. Subjects in this study were students of class III SLB C Frobel Montessori II Depok much as 9 learners. the method used in this research is a classroom action research (action research) With the model Mc. Kemmis & Taggart where the study was conducted in two cycles. These results indicate that the learning model types example non-example can be used as one of the efforts in developing learning outcomes IPS. Therefore, teachers need to know the capabilities and needs of each learner in order to design the varied activities and fun to be able to improve learning outcomes IPS lightly mentally disabled learners.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Etty Hasmayati. ; 2). Suprihatin, M.Ed. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 03:51 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 03:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29810 |
Actions (login required)
View Item |