PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN GUNTUR 01 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

STANIE CHRISTIANTI USMAN, . (2015) PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN GUNTUR 01 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (338kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Pembimbing dan Pengesahan Panitia Sidang.pdf

Download (88kB)
[img] Text
ABTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (151kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa kelas V di SDN Guntur 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan melalui model cooperative learning tipe group investigition dalam pembelajaran IPA. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Guntur 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan pada waktu semester II tahun pelajaran 2014/2015. Jenis metodologi penelitian ini adalah model siklus dari Kemmis and Mc. Taggart, dan setiap siklus dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Instrumen data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, nontes, catatan lapangan dan dokumentasi berupa foto. Hasil dari penelitian ini adalah tercapainya target yang telah ditetapkan oleh peneliti pada instrument kecerdasan interpersonal 75% dan instrumen pemantau 80%. Adapun hasil yang telah dicapai pada siklus I persentase pemantau mencapai 70,83% dan persentase yang didapat dari hasil instrument kecerdasan interpersonal siswa pada siklus I 66,67%. Pada siklus II jumlah siswa 30 pada hasil instrumen kecerdasan interpersonal siswa meningkatkan menjadi 76,67% sedangkan pada data pemantauan terjadi peningkatan 81,25%. Dengan demikian tercapailah sudah target yang diharapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis diterima dan implikasinya adalah dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigition dalam pembelajaran IPA akan meningkatkan hasil kecerdasan interpersonal pada siswa ***** The purpose of this action research is to improve interpersonal intelligence in fifth grade students at SDN 01 Pagi Guntur Setiabudi, South Jakarta through a model of cooperative learning group type investigition in science learning. This classroom action research conducted at SDN 01 Pagi Guntur Setiabudi, South Jakarta at the time of the second semester of the academic year 2014/2015. This type of research methodology is the model cycle of Kemmis and Mc. Taggart, and every cycle of four stages: planning, action, observation, and reflection. Instrument data using a test instrument, nontes, field notes and documentation in the form of photos. Results of this study was the achievement of the targets set by the instrument of interpersonal intelligence researcher at 75% and 80% of instrument monitors. The results achieved in the first cycle monitoring percentage reached 70.83% and the percentage obtained from the instrument interpersonal intelligence students in the first cycle 66.67%. In the second cycle students number 30 on the results of students' interpersonal intelligence instrument into a 76.67% increase, while the monitoring data increased 81.25%. Thus the expected target was reached already. The conclusion of this study is hypothesis is accepted and the implication is to use cooperative learning model of the type of group investigition in science learning will improve the results of interpersonal intelligence in students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajaguguk, M.Pd. ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:41
Last Modified: 07 Jun 2022 02:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29816

Actions (login required)

View Item View Item