PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DI KELURAHAN UJUNG MENTENG JAKARTA TIMUR

TIA ANGGRAINI, . (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DI KELURAHAN UJUNG MENTENG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak indo.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II Skripsi.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (171kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB V Skripsi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Daftar Isi Skripsi.pdf

Download (198kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar kelas IV di Kelurahan Ujung Menteng Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posttest Only Control Desain. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ujung Menteng 07 Pagi Jakarta Timur. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes berbentuk esai. Tes esai ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan di akhir pembahasan. Validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Kemudian uji hipotesis digunakan dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian persyaratan analisis menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data varians adalah homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 3,71 . Adapun ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk 66 adalah 1,668. Oleh karena itu thitung > ttabel (3,71 > 1,668), artinya H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan pendekatan saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas Sekolah Dasar kelas IV di Kelurahan Ujung Menteng Jakarta Timur. The purpose of this study was to find out there or not the scientific approach on communication skills mathematical elementary school students fourth grade disctrict Ujung Menteng East Jakarta. The research method used is an experimental method, Pottest Only Control Desain. The sample were 4th grade SDN Ujung Menteng 07 Pagi district Ujung Menteng East Jakarta.Sample were taken using cluster random sampling technique. Data collection techniques performed with essay tests. This essay tests of learning outcomes tests are given at the end discussion. The validity of the instrument using the formula Product Moment and reliability of the instrumen using Alpha Cronbach. Techniques of data analysis was carried out test is a prerequisite to first test for normality by using lilliefors test and homogeneity testing using Fisher’s test and then the test the hypothesis used the differences using t- test. The results of the testing requirements of the analysis states that the test for normality both classes are normality distributed. Homogenity of variance test results of the data is homogeneous. Hypothesis testing showed that the obtained tcount of 3.71 . As for ttable at significant degree α = 0.05 and dk 66 is 1.668. Therefore tcount more than ttable meaning that tcount > ttable (3.71 > 1.668), H0 refused and H1 accepted which means there is a significant effect in the use of scientific approach for communication skills mathematical elementary school students fourth grade district Ujung Menteng East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M.Pd. ; 2). Drs. A. R. Supriatna, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:35
Last Modified: 07 Jun 2022 05:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29825

Actions (login required)

View Item View Item