TETI HOMSATI, . (2015) PROGRAM PELATIHAN BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBUATAN VIDEO PROMOSI BISNIS DI SITUS YOUTUBE BERDASARKAN PRINSIP SEARCH ENGINE OPTIMIZATION. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1 Cover.pdf Download (30kB) |
|
Text
4 SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (289kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN2.pdf Download (297kB) |
|
Text
3 ABSTRAK.pdf Download (56kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (48kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (76kB) |
|
Text
9 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (271kB) |
|
Text
7 BAB I - V.pdf Download (625kB) |
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti tentang program pelatihan dengan menerapkan model experiential learning sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi pembuatan video promosi bisnis di situs youtube berdasarkan prinsip search engine optimization (seo) bagi peserta pelatihan di Kelas Youtube Marketing, Graha Inspirasi, Rawamangun, Jakarta Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empirik tentang peningkatan kompetensi/ hasil belajar peserta dalam program pelatihan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen sederhana dengan desain penelitian One-Group Pretest- Posttest. Data diperoleh dengan cara melakukan pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar (dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik) rata-rata peserta pelatihan pada pre test adalah 15, sedangkan pada post test adalah sebesar 77, mengalami peningkatan nilai hasil belajar rata-rata peserta yakni sebesar 62. Hasil uji normalitas data post test menggunakan Kolmogorov-Smirnov dengan koefisien alpha 0, 05, menunjukkan bahwa data memiliki nilai signifikansi sebesar 0, 2. Hasil uji homogenitas dengan koefisien alpha 0, 05, menunjukkan bahwa data memiliki nilai signifikansi sebesar 0, 21. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji dua pihak paired two tail test. Nilai t hitung yang diperoleh 34,266, dengan signifikasi 0,00 . Nilai t tabel untuk df 11 ( N-1) pada taraf signifikansi 0,05 adalah 2,201. Hasil perhitungan uji t menunjukkan t hitung > t tabel (34,266 > 2,201), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah program pelatihan berbasis experiential learning mampu meningkatkan kompetensi pembuatan video promosi bisnis di situs youtube berdasarkan prinsip search engine optimization (SEO) bagi peserta pelatihan youtube marketing, Graha Inspirasi, Rawamangun, Jakarta Timur. This research is motivated by researcher’s interest about the training program by applying experiential learning model as effort to improve the competence of making video business promotion on youtube site based on the principles of search engine optimization (seo) for trainees in Youtube Marketing class, Graha Inspirasi, Rawamangun, East Jakarta. The aim of this research was to obtain empirical data about the increased competence/ learning outcomes of participants in the training program. The research’s method was used simple experimental with design One-group Pretest-Posttest. Data obtained by pre- test and post-test. The results showed that trainee got the average of learning outcomes’s value (cognitive, affective, and psychomotor dimensions) at pre-test were 15, while in the post test is 77, increased the average of learning outcomes’s value which is equal to 62. The results of post test’s data normality that used the Kolmogorov-Smirnov with an alpha coefficient of 0, 05, indicates that the data has a significance value of 0, 2. Results of the homogeneity test with an alpha coefficient of 0, 05, indicates that the data has a significance value of 0, 21. The test of research’s hypotheses was used paired two tail test. T value obtained 34.266, with a 0.00 significance. T table value for df 11 (N-1) at a significance level of 0.05 is 2.201. Results of calculation t test show t> t table (34.266> 2.201), which means that Ho is rejected and Ha accepted. It can be concluded that the training program can improve the competency of making video business promotion on youtube site based on the principles of search engine optimization (SEO) for trainees youtube marketing, Graha Inspirasi, Rawamangun, East Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Karnadi, M.S. ; 2). Drs. Sri Koeswantono, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 05:38 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 05:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29827 |
Actions (login required)
View Item |