Kesalahan Sintaksis dalam Nilai/Hasil Qira’ah Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Jakarta

FADHILA LAILA, . (2016) Kesalahan Sintaksis dalam Nilai/Hasil Qira’ah Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT inggris.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
bab12345jadi.pdf

Download (790kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
daftar isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan pelajar bahasa asing khususnya bahasa Arab dalam menerapkan kaidah nahwu ketika membaca wacana berbahasa Arab agar hasilnya dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Nahwu bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis isi, yaitu mendeskrpsikan jenis-jenis kesalahan hasil bacaan mahasiswa dalam unsur gramatikal yang berdasarkan fakta dan data berupa hasil membaca mahasiswa yang diambil dari 25 mahasiswa tingkat akhir sebagai sampel. Fokus penelitian ini kesalahan tatanan bahasa dan subfokusnya kesalahan yang berkaitan dengan kaidah nahwu saja. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa didalam membaca diperlukan banyak kemampuan yang harus dimiliki pelajar bahasa asing agar para pendengarnya dapat memahami maksud dan tujuan dari bacaannya. Keterampilan membaca yang baik menuntut beberapa kemampuan kemampuan berbahasa dalam unsur gramatikal khususnya sintaksis. Dari hasil analisis terhadap kesalahan-kesalahan sintaksis dapat diketahui kategori kesalahan dari yang terbanyak sampai yang paling sedikit dan dapat dijadikan acuan pembelajaran Mata kuliah Nahwu sebagai pendukung kompetensi mahasiswa dalam keterampilan membaca teks berbahasa Arab. Kesalahan dalam menerapkan aturan pada maf’ul bih 18 kesalahan (23,4%), pada jar wal majrur 6 kesalahan (7,8%), pada fa’il 8 kesalahan (10,4)%, pada idhofah 1 kesalahan (1,3%), pada khobar kana 14 kesalahan (18,2%), pada isim kana 3 kesalahan (3,9%), pada dzhorof 5 kesalahan (6,5%), pada na’at man’ut 10 kesalahan (13%), dan pada ma’rifah nakirah 12 kesalahan (15,6%) Adapun implikasinya pada pembelajaran Nahwu dan Qiraah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Negeri Jakarta yaitu menjadi acuan kesalahan yang sering mahasiswa lakukan. Sedangkan pengajar dari hasil tersebut dapat memberi tekanan lebih pada frekuensi kesalahan و yang dibuat mahasiswa serta memberikan latihan-latihan yang banyak agar tingkat kesalahan penerapan kaidah Nahwu yang sering pada mahasiswa dapat berkurang. Dan ketika mahasiswa melakukan kesalahan sesegera mungkin untuk mengadakan pembetulan disertai alasan yang jelas sehingga tidak terjadi kesalahan lagi dalam tataran sama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 24 Jan 2020 15:12
Last Modified: 24 Jan 2020 15:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item View Item