DWI SEPTI ANJAS WULAN, . (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK LOKOMOTOR MELALUI PERMAINAN LARI ESTAFET MODIFIKASI (Penelitian Tindakan di Kelompok B Taman Kanak-kanak Jihan Ulfani Kecamatan Medan Marelan Tahun 2014/2015). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB I.pdf Download (122kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRACT Inggris.pdf Download (8kB) |
|
Text
ABSTRACT Indonesia.pdf Download (8kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (38kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (56kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (124kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan gerak lokomotor anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran permainan lari estafet modifikasi. Penelitian dilaksanakan pada kelompok B Taman Kanak-kanak Jihan Ulfani, Kecamatan Medan Marelan dengan jumlah anak 12 orang anak. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai Mei 2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) oleh Kemmis dan Taggart. Kegunaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak lokomotor anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tindakan pemberian siklus. Setiap siklus mempunyai empat kegiatan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari delapan kali pertemuan/tindakan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan lagkah-langkah reduksi data dan verifikasi data. Pada pra siklus hasil persentase 47,08%, setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 62,39% dan siklus II menjadi 82,03%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan gerak lokomotor pada anak usia dini kelompok B yang dilakukan melalui pembelajaran permainan lari estafet modifikasi This study aims to determinan to increase locomotor skiil in early childhood. Through game relay modification. The study was conducted on group B kindergarten Jihan Ulfani with of sixteen children. The reasrch was conducted from March to April 2015. This study action research by model Kemmis & Taggart. Usefulnees of this action research is to improve the locomotor skiils. This research was conducted by using a provision of the cycle. Each cycle has four main activities: planning, action, observation dan refleksion. This research consist of two cycles, each cycle consist of 8 times in actions. Analysis of the data used quantitative and qualitative approaches. Analysis of quantitative data used descriptive statistics that compare the results obtained from the first cycle. While the analysis of qualitative data used analizing data from the field notes and interviews during the research by steps of data reduction, data display and data verivication. In the pre cycle persentage yield 47,08% after the act of the first cycle increased to 62,39% and 82,03% second cycle becomes. The results showed an increase locomotor skiils in aerly chillhood B gruop conducted through learning game relay modification
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. dr. Myrnawati Crie Handini, MS.PKK. ; 2). Dr. Tuti Tarwiyah, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 04:49 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 04:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29912 |
Actions (login required)
View Item |