HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V DI SDN KELURAHAN SUSUKAN JAKARTA TIMUR

FARA DIBA CATUR PUTRI, . (2015) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V DI SDN KELURAHAN SUSUKAN JAKARTA TIMUR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER, DLL FARA DIBA CATUR PUTRI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
TESIS BAB I SAMPAI DAPUS FARA DIBA CATUR PUTRI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (15kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan minat belajar dan berpikir kritis dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Susukan Jakarta Timur, dengan jumlah sebanyak 100 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan statistik regresi dan korelasi. Masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat hubungan minat belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Susukan Jakarta Timur ? (2) Apakah terdapat hubungan berpikir kritis dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Susukan Jakarta Timur ? (3) Apakah terdapat hubungan minat belajar dan berpikir kritis siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Susukan Jakarta Timur ?. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat hubungan positif antara minat belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan taraf signifikan = 0,05 didapat thitung 34,561 > ttabel 1,9842. (2) Terdapat hubungan positif antara berpikir kritis dengan hasil belajar Ilmu Penetahuan Alam dengan taraf signifikan = 0,05 didapat thitung 45,376 > ttabel 1,9842. (3) Terdapat hubungan positif antara minat belajar dan berpikir kritis secara bersama-sama dengan hasil belajar Ilmu Penetahuan Alam dengan taraf signifikan = 0,05 didapat Fhitung 707,072 > Ftabel 3,090. Implikasi dalam penelitian ini mengidentifikasikan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dapat mempengaruhi minat belajar dan berpikir kritis siswa. The purpose of this study is to determine the relationship of interest learning and critical thinking and learning outcomes of Natural Science student class V State Elementary School Kelurahan Susukan East Jakarta, the number of students as many as 100 students. This study used a survey method with statistical regression and correlation approach. The problem is in the focus of this study are (1) Is there a relationship students' interest learning and learning outcomes of Natural Science fifth grade students of State Elementary School Kelurahan Susukan East Jakarta ? (2) Is there a relationship critical thinking of students and learning outcomes of Natural Science fifth grade students of State Elementary School Kelurahan Susukan East Jakarta ? (3) Is there a relationship interest learning and student’s critical thinking together with learning outcomes of Natural Science fifth grade students of State Elementary School Kelurahan Susukan East Jakarta? The of the research are results shows that (1) There positive relationship between interest learning with learning outcomes of Natural Sience, with a significant level = 0.05 obtained tcont 34,561>1,9842 ttable. (2) There positive relationship between critical thinking with learning outcomes of Natural Science with a significant level = 0.05 obtained tcont 45,376>1,9842 ttable. (3) There positive relationship between interest learning and critical thinking of together with learning outcomes of Natural Science, with of significancy = 0.05 acquired Fcont 707,072> Ftable 3,090. The implications of this research indicates that the learning outcomes Natural Science can influence interest learning and student’s critical thinking

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. I Made Astra, Msi. ; 2). Dr. Anton Noornia, M.Pd.
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:00
Last Modified: 10 Jun 2022 07:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29958

Actions (login required)

View Item View Item