PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Path analysis pada Siswa Kelas V SDN Wilayah Gugus VII Utan Kayu Selatan Jakarta Timur)

FIRLI SAPUTRI, . (2017) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Path analysis pada Siswa Kelas V SDN Wilayah Gugus VII Utan Kayu Selatan Jakarta Timur). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (71kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (256kB)
[img] Text
3. RINGKASAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (298kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (182kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (236kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
13. lampiran 1.pdf

Download (104kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN 2 FIRLI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN 1 FIRLI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21. RIWAYAT HIDUP..pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara komprehensif pengaruh konsep diri dan kecerdasan interpersonal terhadap kepercayan diri dalam IPS. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Gugus VII Kelurahan Utan Kayu Selatan Jakarta Timur pada bulan Agustus sampai dengan September tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis jalur (path analysis). Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yang kemudian terdapat 100 siswa yang dilibatkan dalam penelitian. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan angket yang kemudian dianalisis untuk membuktikan hipotesis. Metodologi penelitian ini adalah metode survei untuk membentuk analisis jalur kasual. Penelitian didasarkan pada siswa sekolah dasar dengan jumlah sampel 100 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) konsep diri berpengaruh positif terhadap kepercayaan diri dalam IPS artinya semakin baik konsep diri yang dimiliki siswa maka semakin baik juga kepercayaan diri dalam IPS (2) kecerdasan interpersonal memiliki pengaruh positif pada kepercayaan diri dalam IPS artinya semakin baik kecerdasan interpersonal yang dimiliki siswa maka semakin baik juga hasil kepercayaan diri dalam IPS dan (3) konsep diri berpengaruh positif terhadap kecerdasan interpersonal artinya semakin baik konsep diri yang dimiliki siswa maka semakin baik juga hasil kecerdasan interpersonal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsep diri dan kecerdasan interpersonal berpengaruh langsung terhadap kepercayaan diri dalam IPS. Rekomendasi bagi guru adalah kepercayaan dalam pembelajaran IPS dapat dibentuk dengan guru membantu siswa mengembang konsep diri positif terhadap diri siswa dan membentuk kecerdasan interpersonal yang tinggi. *********** This study aims to determine the effect of self-concept in a comprehensive manner and interpersonal intelligence against self belief in the IPS. This research was conducted at the State Primary School Cluster Region VII Village South Utan Kayu, East Jakarta in August to September 2016. The method used in this research is survey method with path analysis (path analysis). Samples were selected using random cluster sampling technique, then there are 100 students enrolled in the study. Retrieval of data obtained through tests and questionnaires are then analyzed to prove the hypothesis. Methodology This study is a survey method to form a casual pathway analysis. The study is based on primary school students with a sample of 100 students.The results of this study indicate that (1) the concept of self positive effect on confidence in the IPS means the better self concept of the students, the better also confidence in the IPS (2) interpersonal intelligence have a positive effect on confidence in the IPS means the better intelligence interpersonal students have then the better the result the confidence in IPS and (3) the concept of self positive effect on interpersonal intelligence means the better self concept of the students then the better the result of interpersonal intelligence.Based on the results of this study concluded that the concept of self and interpersonal intelligence directly influence confidence in the IPS. Recommendations for teachers is the belief in social studies learning can be formed by teachers to help students expand positive self-concept of the student and to form a high interpersonal intelligence.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. ; 2). Dr. Arita Marini, ME.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:30
Last Modified: 13 Jun 2022 03:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29960

Actions (login required)

View Item View Item