PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 3-D MAKANAN SEHAT UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN

KALITSA ISLAMI NURHABIBI, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 3-D MAKANAN SEHAT UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5515136971-S1 TATA BOGA-KALITSA I. NURHABIBI-SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Image
2. Pernyataan.jpg

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Image
1. Pengesahan.jpg

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi 3-D makanan sehat yang digunakan dalam pembelajaran perilaku hidup sehat untuk anak usia 5-6 tahun. Uji coba berupa evaluasi oleh ahli materi, ahli media, guru TK, dan implementasi produk. Penelitian merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate). Uji coba dilaksanakan pada TK Islam Al-Azhar 24 Jatikramat. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan rata-rata presentase 88,2% pada uji ahli (ahli materi, ahli media, dan guru TK), 85,6% pada uji perorangan, 84% pada uji terbatas, dan 82,4% pada uji lapangan, sehingga kualitas dan respon anak terhadap media sangat baik. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, dapat disimpulkan media pembelajaran animasi 3-D makanan sehat untuk anak usia 5-6 tahun sudah sesuai dan layak untuk digunakan selajutnya dalam pembelajaran perilaku hidup sehat di TK. This study aimed to develop healthy food 3-D animation learning media to assist children age 5-6 years to learn healthy life behavior. This research is development research (R&D) with ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate). Trials are evaluated by material and media experts, Kindergarten teachers, and product implementation. Trial was held in Al-Azhar 24 Kindergarten School. Obtained data was analyze using qualitative descriptive statistic. Based on the calculation, expert test average score is 88.2% (material expert, media expert, and Kindergarten teachers), 85.6% in individual trial, 84% in limited trial, and 82.4% in field trial. The result showed product quality and the child’s response to the media is excellent. Based on the research that has been done, it can be concluded that healthy food 3D animation learning media is appropriate and feasible for use in learning helathy food in kindergarten school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Mariani, M.Si 2) Annis Kandriasari, S.Pd, M.Pd
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Jun 2022 06:44
Last Modified: 11 Jun 2022 06:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30063

Actions (login required)

View Item View Item