EFEKTIFITAS METODE DRILL DAN METODE BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMK PATRIOT 1 BEKASI

DWI PANJI BILOWO, . (2017) EFEKTIFITAS METODE DRILL DAN METODE BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMK PATRIOT 1 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab II Revisian.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB III Reevisian.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB I Revisian.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV Revisian.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB V Revisian.pdf

Download (138kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BIODATA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI Revisian.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (68kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara metode drill dengan metode berpasangan terhadap hasil belajar passing atas bola voli SMK PATRIOT 1 Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan dilingkungan sekolah SMK PATRIOT 1 Bekasi. Penelitian dimulai dari tanggal 10 Januari 2017 sampai dengan tanggal 11 April 2017, dan jadwal setiap hari selasa pukul 08.00. WIB. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 14 kali pertemuan dengan menggunakan metode eksperimen jumlah sampel 40 siswa dari jumlah populasi 260 siswa. Populasi ditentukan dari siswa kelas X SMK PATRIOT 1 Bekasi. Untuk menentukan sampel sebanyak 40 siswa, diadakan sampling random yaitu dibuat kertas undian sebanyak jumlah populasi 260 kertas yang di beri nomor 1 sampai 40 dan di satukan dengan kumpulan kertas yang lainnya yang tidak diberi nomor. Siswa yang dijadikan sampel yaitu siswa yang mendapatkan nomor urut 1 sampai 40, kemudian di bagi menjadi 2 kelompok masing-masing 20 sampel dimana kelompok A yaitu sampel yang mendapatkan nomor ganjil di berikan proses pembelajaran menggunakan metode drill dan Kelompok B yaitu sampel yang mendapatkan nomor genap diberi proses pembelajaran melalui metode berpasangan lalu Kedua kelompok tersebut dites awal dengan tes keterampilan passing atas bola voli. Setelah di tes awal maka diberikan perlakuan sebanyak 14 kali pertemuan dan setelah itu diadakan tes akhir. Instrument tes yang digunakan adalah tes keterampilan passing atas bola voli dengan Reliabilitas sebesar 0,88. Teknik Analisa Data yang digunakan adalah analisis data uji “t”, dimulai dengan menghitung nilai thitung untuk dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil analisis data adalah sebagai berikut ; Kelompok yang diberikan metode drill memperoleh rata-rata 20,25. Nilai standar deviasi dari difference 4,82, nilai standar error dari mean difference 1,11 dan nilai t hitung 17.2 Kelompok metode Berpasangan memperoleh nilai rata-rata 15,45, nilai standar deviasi dari difference 4,82, nilai standar error dari mean difference 1,11 dan nilai t hitung 14. Kedua kelompok ini memperoleh nilai standar deviasi dari metode drill 39,25 dan metode berpasangan 35,95, nilai standar error perbedaan mean 1,4, t hitung 2,3 dan nilai t tabel 2,02 dengan taraf signifikansi α = 0,05 sehingga thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode drill lebih baik daripada metode berpasangan terhadap hasil belajar passing atas bola voli siswa kelas X di SMK PATRIOT 1 Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Samsudin, M.Pd 2) Drs. Kurnia Tahki, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Jun 2022 10:02
Last Modified: 11 Jun 2022 10:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30072

Actions (login required)

View Item View Item