PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP TEPUNG PISANG GORENG PASIR SUBSTITUSI TEPUNG MOCAF SIAP PAKAI

ISYANA KHAIRUNJANAH, . (2016) PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP TEPUNG PISANG GORENG PASIR SUBSTITUSI TEPUNG MOCAF SIAP PAKAI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ISYANA KHAIRUNJANAH - PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP TEPUNG PISANG GORENG PASIR SUBSTITUSI TEPUNG MOCAF SIAP PAKAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan konsumen terhadap tepung pisang goreng pasir substitusi tepung mocaf siap pakai. Penelitian ini menggunakan metode survey terhadap ibu rumah tangga di Kelurahan Kranji, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi yang ditentukan dengan cluster sampling dimulai dari September 2015 sampai Oktober 2016. Produk tepung pisang goreng pasir substisusi tepung mocaf siap pakai diujikan pada 5 aspek (kesadaran, minat, evaluasi, percobaan, dan penerimaan). Hasil penelitian dari aspek kesadaran ratarata 91% ibu rumah tangga menyadari pengetahuan tentang produk dan lebih dari 81% responden menyadari keberadaan produk dan pernah menggunakan produk, hasil aspek minat rata-rata 95% ibu rumah tangga memiliki minat untuk mencari informasi tentang produk, hasil aspek evaluasi dengan sub indikator penilaian rata-rata 93% ibu rumah tangga menilai produk merupakan produk inovasi baru dan memiliki manfaat, hasil aspek percobaan rata-rata 91% ibu rumah tangga menilai produk memiliki rasa manis, warna kuning kecoklatan, bertekstur renyah, tidak terlalu berminyak, dan memiliki remah yang melekat dengan baik, hasil aspek penerimaan dengan rata-rata 95% ibu rumah tangga menyukai produk pada subindikator rasa, warna, aroma, tekstur, penyerapan minyak, kelekatan tepung pembalut, dan ibu rumah tangga ingin membeli dan menggunakan produk. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk tepung pisang goreng pasir substisusi tepung mocaf siap pakai yang diujikan diterima oleh ibu rumah tangga yang berada di RW 08 Kelurahan Kranji, Kecamatan Bekasi Barat, Bekasi. This research aims to analyze consumer acceptance towards crunchy fried banana with mocaf substitution. The research was done towards housewives in Kranji, West Bekasi, Bekasi using survey method which determined using a cluster sampling that stated from September 2015 to October 2016. The crunchy fried banana flour with mocaf substitution was tested into 5 aspects (awareness, interest, evaluation, trial, and acceptance). The awareness aspect, showed that 91% household aware about the product and more than 81% household aware of the product’s existence and have used the product. The interest aspect, 95% of housewives have the interest to seek information about the product. The evaluation aspect with sub indicator rating, 93% of housewives rate the product as innovative and useful. The result from evaluation aspect with sub indicator testing, 91% housewives said the product have a sugary taste, golden brown color, crispy texture, not too oily, and have a well stick crunch. Result from acceptance aspect, 95% housewives like the product in taste, color, smell, texture, oil absorption, stickiness of the cover flour, and the housewives wanted to buy and use the product. It was concluded that crunchy fried banana flour with mocaf substitution that was tested, accepted by RW 08 housewives in Kranji, West Bekasi, Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Ari Fadiati,M.Si 2) Dr.Ir.Ridawati,M.Si
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Jun 2022 05:34
Last Modified: 12 Jun 2022 05:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30117

Actions (login required)

View Item View Item