PENGARUH KOORDINASI MATA TANGAN DAN TINGKAT PERCAYA DIRI TERHADAP KETEPATAN SERVIS ATAS BOLA VOLI PADA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMPN 1 NANGGUNG KABUPATEN BOGOR

NANDA TRI RIZKIAN, . (2017) PENGARUH KOORDINASI MATA TANGAN DAN TINGKAT PERCAYA DIRI TERHADAP KETEPATAN SERVIS ATAS BOLA VOLI PADA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMPN 1 NANGGUNG KABUPATEN BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nanda Tri Rizkian.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (145kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui (1) pengaruh antara koordinasi mata tangan dengan ketepatan servis atas bola voli (2) pengaruh antara tingkat percaya diri dengan ketepatan servis atas bola voli (3) pengaruh antara koordinasi mata tangan dan tingkat percaya diri dengan ketepatan servis atas bola voli pada siswa ekstrakurikuler bla voli SMPN 1 Nanggung Bogor secara bersama-sama. Penelitian ini dimulai pada tanggal 4 November 2016 di Lapangan Futsal, SMPN 1 Nanggung Bogor, menggunakan metode survey dengan teknik korelasi. Sampel penelitian ini sebanyak 25 orang dari jumlah 30 orang populasi dengan tehnik pengambilan sample menggunakan purposive random sampling. Instrumen penelitian ini yaitu (1) Tes koordinasi mata tangan menggunakan tes koordinasi mata tangan (ball wall pass) dengan satuan nilai skor (2) Tes tingkat percaya diri menggunakan angket dengan satuan skor dan (3) Tes ketepatan servis atas menggunakan tes ketepatan servis sasaran daerah ketepatan servis dari French-chooper dengan satuan skor. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi sederhana dan berganda dan dilanjutkan dengan uji t pada taraf signifikan α = 0.05, berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : (1) terdapat pengaruh antara koordinasi mata tangan dengan ketepatan servis atas diperoleh nilai korelasi rx1y = 0,66 dan koefisien determinasi = ii 0,4356 yang berarti sumbangan koordinasi mata tangan dengan ketepatan servis atas adalah 43,56%, (2) terdapat pengaruh antara tingkat percaya diri dengan ketepatan servis atas dengan nilai korelasi rx2y = 0,471 dan koefisien determinasi 0,221841 yang berarti sumbangan tingkat percaya diri dengan ketepatan servis atas adalah 22,1841%, dan (3) terdapat pengaruh antara koordinasi mata tangan dan tingkat percaya diri dengan ketepatan servis atas diperoleh nilai korelasi yang diperoleh nilai rx1-2y = 0,66 dan koefisien determinasi = 0,4356 yang berarti sumbangan koordinasi mata tangan dan tingkat percaya diri dengan ketepatan servis atas secara bersama-sama adalah 43,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara koordinasi mata tangan dan tingkat percaya diri dengan ketepatan servis atas pada siswa ekstrakurikuler bola voli SMPN 1 Nanggung Bogor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Samsudin, M.Pd 2) Hermanto, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Jun 2022 11:21
Last Modified: 12 Jun 2022 11:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30142

Actions (login required)

View Item View Item