MUATAN MULTIKULTURAL DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS KURIKULUM NASIONAL INDONESIA 2006 - 2014

NESSIA PUTRI, . (2016) MUATAN MULTIKULTURAL DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS KURIKULUM NASIONAL INDONESIA 2006 - 2014. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2.ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
0. COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (189kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI-DAFTAR ISTILAH-DAFTAR TABEL.pdf

Download (96kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text
5. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (237kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (387kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (656kB)
[img] Text
15. TABEL KI KD K13.pdf

Download (239kB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (96kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
14. TABEL SK KD 2006.pdf

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan muatan multikultural dalam kurikulum nasional mata pelajaran sejarah tingkat SMA pada Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pembahasan mengenai multikutural dalam mata pelajaran sejarah di program studi pendidikan sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Mengambil dari Kurikulum 2006 karena merupakan salah satu dari kurikulum berbasasis kompetensi yang berlaku setelah jatuhnya Orde Baru, dimana pada masa Orde Baru identik dengan pluralisme. Sedangkan Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru yang ketika penelitian ini berlangsung Kurikulum 2013 berlaku secara terbatas. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang mengkaji dan mengembangkan fakta sejarah tentang kurikulum beserta muatan multikutural dalam mata pelajaran sejarah pada Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 serta bagaimana penerapannya di sekolah. Hasil penelitian ini memperlihatkan perbandingan besar muatan multikultural dalam Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Mata pelajaran sejarah dalam Kurikulum 2006 sarat dengan aspek kongnitif. Hal ini bisa dilihat dari dokumen KTSP serta buku paket yang dipakai oleh peserta didik. Tidak semua materi mata pelajaran sejarah memiliki kandungan multikutural dalam KTSP. Pada Kurikulum 2013 mata pelajaran sejarah terlihat berbeda dengan diintegrasikannya nilai sikap spiritual, sosial, dan keterampilan ke dalam materi pembelajaran. Muatan multikultural juga terlihat gamblang dalam beberapa materi di mata pelajaran Sejarah Indonesia dan Sejarah. Pada pemenerapannya, umumnya guru mengetahui dan memahami multikutural. Namun tidak semua guru mengetahui muatan multikutural dalam materi pelajaran sejarah. Serta tidak semua guru menyampaikan nilai multikutural ii dalam materi kepada peserta didik. Hal ini tergantung dengan kondisi peserta didik dan alokasi waktu belajar yang tersedia This thesis aimed to describe multicultural content in history subject at senior high school on Curriculum 2006 and 2013. This thesis was motivated by the lack of discussion on the multicultural history courses in history education courses, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta. Taking of Curriculum 2006 because it is one of the curriculum base on applicable competence after the fall of Orde Baru, which Orde Baru synonymous with pluralism. Curriculum 2013 is the latest curriculum when this thesis took place in 2013 apply in a limited curriculum. This thesis uses historical method to assess and develop the historical facts about curriculum and multicultural content in the history subject at the 2006 Curriculum and Curriculum 2013 and how it is applied in schools. This thesis shows the great comparison multicultural content in Curriculum 2006 and Curriculum 2013. History subject in Curriculum 2006 is loaded with cognitive aspects. It can be seen from the curriculum documents and textbooks used by students. Not all of the history subject has multicultural content in Curriculum 2006. 2013 Curriculum history subject look different because integrated with value of the attitude spiritual, social, and skills into the studies. Multicultural content also seen vividly in some material on Indonesian History and History subjects. The applied, generally teachers know and understand about multicultural. However, not all of the teachers know the multicultural content in the history subject. And not all of teachers convey the multicultural values in the material to students as well. It depends on the conditions of students and the time of while learn history held

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Abrar, M.Hum 2) Sugeng Prakoso, S.S., M.T.,
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Jun 2022 12:13
Last Modified: 12 Jun 2022 12:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30144

Actions (login required)

View Item View Item