IRNA, . (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MULTI SENSORI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
DAFTAR ISI. lampiran, tabel, grafik.pdf Download (72kB) |
|
Text
cover TESIS.pdf Download (25kB) |
|
Text
ringkasan.pdf Download (76kB) |
|
Text
Tesis bab 1-dapus.pdf Download (2MB) |
|
Text
Riwayat Hidup.pdf Download (155kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 MI Anwarul Hidayah, Ciomas Bogor melalui metode multisensori. Penelitian ini disebabkan karena rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa dim I Anwarul Hidayah masih rendah, yaitu 38,8. Padahal kemampuan membaca permulaan adalah menjadi salah satu pintu masuk utama untuk mempelajari pelajaran yang lainnya. Sementara kondisi siswa di MI Anwarul Hidayah masih rendah skor kemampuan membaca permulaannya. Pemilihan metode multisensori yang sering digunakan sebagai metode pembelajaran anak berkebutuhan khusus, dengan pertimbangan banyaknya ditemukan anak yang masih mengalami kesulitan dalam membaca permulaan di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakakan adalah dengan Action Research model Kemmis &Taggart, dengan dua siklus, yang masing-masingnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian didapatkan hasil total kemampuan membaca permulaan meningkat dari kondisi awal 38,8 menjadi 70,2 pada akhir siklus 2. Total peningkatan kemampuan membaca permulaan yang diperoleh adalah sebesar 83%. The objective of this research is to improve the beginning reading ability of 1st grade elementary school student at MI Anwarul Hidayah Ciomas Bogor through Multisensory methode. This research is caused by the student beginning reading ability is still low that’s 38,8, whereas, the beginning reading ability is one of prerequisites for other lessons. Multisensori is usually used for special need student. This method is used because of many students in this school have difficulties in the beginning reading ability. Research method used Action Research with Kemmis and Taggart model which conducted in two cycles. Each of cycle consists of four stage that’s planning, action, observation and reflection. Analysis of the data is done with quantitative and qualitative approaches. From this intervention showed increasing of the student reading ability from 38,8 at first assessment to 70,2 after cycle 2 intervention. Totally, the percentage of increasing of beginning reading ability is 83%.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Karnadi, M.Psi. ; 2). Prof. Dr. Mulyono Abdurrahman. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 04:56 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 04:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30163 |
Actions (login required)
View Item |