PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP RATA-RATA HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS V SD ISLAM AL-AZHAR 19 SENTRA PRIMER JAKARTA TIMUR

IDHAR PRIYO ISNANTO, . (2017) PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP RATA-RATA HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS V SD ISLAM AL-AZHAR 19 SENTRA PRIMER JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (26kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I - BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Metode Pembelajaran Eksperimen dengan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Pada Mata pelajaran TIK Siswa Kelas V SD Islam Al Azhar 19 Sentra Primer Jakarta Timur. Penelitian dilakukan di SD Islam Al Azhar 19 Sentra Primer Jakarta Timur, dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2016, Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, diberikan perlakuan terhadap kedua kelas dengan berbeda perlakuan. Masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Metode Pembelajaran Eksperimen (kelompok eksperimen) diterapkan di kelas VA dan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah (kelompok kontrol) diterapkan di kelas VB. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SD Islam Al Azhar 19 Sentra Primer Jakarta Timur tahun 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara penilaian (judgment) atau purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dengan taraf signifikan sebesar 5%, baik terhadap kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara Metode Pembelajaran Eksperimen dengan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Mata pelajaran TIK Kelas V di SD Islam Al Azhar 19 Sentra Primer Jakarta Timur yang dibuktikan dengan hasil analisis data (uji t) yaitu diperoleh nilai thitung = 6,276. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel dengan n = 62 dan taraf signifikan 0,05 maka diperoleh ttabel = 2,000. Karena thitung > ttabel yaitu 6,276 > 2,000, dapat dikatakan bahwa H0 ditolak. Hasil belajar siswa yang diterapkan Metode Pembelajaran Eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 89,50, sedangkan siswa yang diterapkan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah mendapatkan nilai rata-rata 80,59. Siswa yang diajarkan menggunakan Metode Pembelajaran Eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah. This study was aimed to establish the differences between Experimental Learning and the Problem Solving towards the students’ learning outcomes. The study was conducted in SD Islam Al Azhar 19 Primary Center, East Jakarta from October to November 2016. The participants of this study were 64 students of fifth graders at academic year 2016/2017 from VA class which is the experimental group and VB class which is the control group. The sample in this study were taken by judgment or purposive sampling. The data were collected using a multiple choice test and analyzed using the normality test and homogenity test with significance level of 5% for both the experimental group and the control group. The findings revealed that the differences in students’ learning outcomes were significant between the experimental group and control group. The evidence showed the results of the data analysis (t test) is the tcount= 6,276 and the ttable=2,000. The value of ttable was obtained by considering the n = 62 and the significance level of 0.05. Based on the results, the value of tcount> ttable with the numbers of 6,276 >2,000. This results implied that H0 is declined. The students of experimental group had the average score of 89.50, while in the control group the average score was 80.59. In conclusion, the students who taught in experimental group have higher average score rather than students who taught in control group.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd 2) Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:19
Last Modified: 13 Jun 2022 06:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30199

Actions (login required)

View Item View Item