ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR BENSIN PADA KENDARAAN HEMAT ENERGI JENIS PROTOTYPE DENGAN SISTEM INJEKSI UNTUK KONTES MOBIL HEMAT ENERGI

HERNELLI IDHA, . (2017) ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR BENSIN PADA KENDARAAN HEMAT ENERGI JENIS PROTOTYPE DENGAN SISTEM INJEKSI UNTUK KONTES MOBIL HEMAT ENERGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kecepatan dan cara pengendalian optimum pada kendaraan prototype hemat energi sehingga mendapatkan konsumsi bahan bakar yang optimal untuk kontes mobil hemat energi. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui pengaruh Air Fuel Ratio terhadap konsumsi bahan bakar. Semua pengujian dalam penelitian ini mengacu pada regulasi Kones Mobil Hemat Energi. Dalam penelitian ini, pengujian yang dilakukan adalah pengujian dengan variabel kecepatan 20 km/jam, 25 km/jam dan 30 km/jam. Dan dengan dua cara pengendalian yang berbeda yaitu, kontinuitas dan stop and go. Proses pengujian diawali dengan pengaturan AFR. Setelah AFR optimal didapat, dilanjutkan dengan race sejauh 1.86km (2 lap) dengan variabel kecepatan dan cara pengendalian yang berbeda. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan nilai konsumsi bahan bakar setelah dikonversi pada kecepatan 20 km/jam dengan sistem kontinuitas sebesar 58.125 km/l, 25 km/jam sebesar 62 km/l dan 30 km/jam sebanyak 70.18868 km/l sedangan dengan sistem stop and go pada kecepaan 20km/jam didapatkan hasil sebesar 413.3 km/l, 25 km/jam sebesar 344.4 km/l dan 30 km/jam sebesar 241.558 km/l. Berdasarkan hasil tersebut didapat kecepatan dan cara pengendalian optimum pada kecepatan 20 km/jam dan cara pengendalian stop and go. The purpose of study is gaining optimum speed and optimum way to control the economic energy vehicle so the consumption of gasoline is being optimum to using at energy efficient c ar contest. This study was also conducted to determine the effect of Air Fuel Ratio on fuel consumption. All tests in this study refers to the regulation of Energy Efficient Car Contest. In this study, tests were conducted are race with a variable speed of 20 km/h, 25 km/h and 30 km/h and with two different control methods, continuity methods and stop and go methods. The testing process begins with setting the AFR. Once the optimal AFR obtained, continued by a race with distance 1.86 km (2 laps) and a variable speed and different ways on controlling prototype. Based on test results, obtained the value of fuel consumption after converted at speed of 20 km/h with a system of continuity is 58.125 km/l, 25 km/h by 62 km/l and 30 km/h as much 70.18868 km/l Whereas, with a stop and go system at speed 20km/h is obtained at 413.3 km/l, 25 km/h at 344.4 km/l and 30 km/h at 241.558 km/l. Based on the results, obtained optimum speed at 20 km/h and the optimum way of controlling prototype with using method stop and go.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Nugroho Gama Yoga, S.T., M.T 2) Dr. Catur Setyawan Kusumohadi
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:57
Last Modified: 13 Jun 2022 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30207

Actions (login required)

View Item View Item