PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGAPUNG GAYA PUNGGUNG MELALUI PEMANFAATAN BAHAN LIMBAH BOTOL PLASTIK AIR MINERAL PADA SISWI KELAS VII SMP INSAN CENDEKIA MADANI TANGERANG SELATAN

RETTA ASMARIFAH, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGAPUNG GAYA PUNGGUNG MELALUI PEMANFAATAN BAHAN LIMBAH BOTOL PLASTIK AIR MINERAL PADA SISWI KELAS VII SMP INSAN CENDEKIA MADANI TANGERANG SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (847kB)
[img] Text
Abstrak Artikel.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Artikel Skripsi retta.pdf

Download (730kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR & DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
COVER Skripsi Retta.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (347kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Profil Peneliti Skripsi.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Ringkasan dan Abstrak Skripsi Retta.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf

Download (583kB)
[img] Text
lembar persembahan.pdf

Download (601kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar mengapung gaya punggung dengan menggunakan media pembelajaran plampung botol plastik air mineral. Penelitian ini dilaksakan di SMP Insan Cendekia Madani Tangerang Selatan dari tanggal 11 April – 3 Mei 2017. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Pengambilan teknik sampel dalam penelitian ini adalah Purposive sampling yang berjumlah 30 siswi dari 55 populasi siswi kelas VII yang mengikuti pembelajaran renang. Teknik pengolahan data menggunakan statistika deskriptif dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswi dalam mengikuti pembelajaran renang. Yaitu dengan menghitung siswi yang tuntas dibagi jumlah seluruh siswi dan dikalikan 100%. Data yang diperoleh berdasarkan dua siklus penelitian. Yaitu tes awal dan tes akhir pada siklus I dan II. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I persentase ketuntasan belajar mengapung siswi sebesar 13,3% dengan rata-rata nilai 62,3 dibulatkan menjadi 62. Setelah adanya perlakuan pada siklus I, persentase ketuntasan siswi meningkat menjadi 86,6% dengan rata-rata nilai 82,03 dibulatkan menjadi 82. Sedangkan hasil dari siklus II yaitu persentase peningkatan hasil belajar siswi pada tes awal sebesar 90% dengan rata-rata nilai sebesar 82,2 dibulatkan menjadi 82. Setelah adanya perlakuan pada siklus II, hasil tes akhir mengalami persentase peningkatan hasil belajar yaitu sebesar 100% dengan rata-rata nilai sebesar 86,9 dibulatkan menjadi 87. ii Kesimpulan akhir yang di dapat dari penelitian ini yaitu melalui pemanfaatan bahan limbah botol plastik air mineral sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar mengapung gaya punggung siswi. This study aims to find out how much improvement in learning results to float the back force by using learning with buoy plastic bottled mineral water. This research was conducted in SMP Insan Cendekia Madani Tangerang Selatan from 11 April to 3 May 2017. The method used in this research is Action Research method Class (Action Research). Sampling technique sampling in this research is Purposive sampling which amounted to 30 student from 55 population of student of class VII which follow swimming learning. Processing techniques using descriptive statistics with the percentage of mastery of students' learning outcomes in following the swimming lesson. That is by counting students who are completely divided by the total number of students and multiplied 100%. Data obtained based on two research cycles. That is the initial test and the final test on cycles I and II. The result of this research is in cycle I the percentage of students' learning mastery of 13.3% with 62.3 average rounded to 62. After the treatment in cycle I, the percentage of mastery of students increased to 86.6% with the average value 82.03 rounded to 82. While the result from cycle II is the percentage increase in student learning outcomes in the initial test of 90% with the average value of 82.2 rounded to 82. After the treatment in cycle II, the final test results have an increase percentage Learning outcomes of 100% with an average value of 86.9 rounded to 87. iv The final conclusion that can be from this research is through the utilization of waste plastic mineral water bottles as a medium of learning can improve learning outcomes floats the style of student backs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Oman Unju Subandi, M.Pd 2) Del Asri, S.Si, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Jun 2022 20:22
Last Modified: 13 Jun 2022 20:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30249

Actions (login required)

View Item View Item