EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF PEMBUATAN ROK LINGKAR DENGAN TEKNIK DRAPING

HANI RAHMAWATI, . (2017) EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF PEMBUATAN ROK LINGKAR DENGAN TEKNIK DRAPING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Hani Rahmawati 5525101713.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental one shot case study. Peneliti membuat sebuah media pembelajaran dalam bentuk CD yang menggabungkan beberapa komponen seperti layout, teks, gambar, audio, video dan animasi. Pembuatan CD ini melalui beberapa tahap yaitu menentukan tema, mengumpulkan dan menyusun materi draping khususnya rok lingkar sesuai dengan silabus perkuliahan, membuat kerangka media (story board), dan pada proses terakhir yaitu pembuatan media pembelajaran video interaktif. Media pembelajaran yang dibuat selanjutnya memasuki tahap validasi, kemudian penilaian evaluasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media serta diperlihatkan kepada 30 mahasiswa tata busana yang sedang mengikuti mata kuliah draping untuk diketahui pendapatnya sebagai pengguna media. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan penilaian rating scale. Hasil evaluasi media pembelajaran video pembuatan rok lingkar dengan teknik draping menunjukkan bahwa media ini sudah baik untuk digunakan. Kesimpulan ini didapat dengan adanya penilaian dari dua panelis ahli materi, dua panelis ahli media dan diperkuat dari hasil angket mahasiswa sebagai pendapat pengguna vidio interaktif. Panelis ahli materi memberikan total skor sebesar 84 dan menghasilkan penilaian dalam bentuk persentase sebesar 87,5%. Penilaian ahli materi ini berdasarkan aspek kriteria media pembelajaran yang baik pada kesesuaian materi, keterjangkauan pemakaian media dalam jangka panjang, kemudahan untuk dipahami, kejelasan gambar, dan kejelasan uraian pembahasan. Panelis ahli media, memberikan total skor sebesar 76 dan menghasilkan penilian dalam bentuk presentasi sebesar 86,5%. Penilaian ahli media ini berdasarkan aspek komponen multimedia pada kejelasan gambar dan ketepatan pemilihan backsound. Maahasiswa sebagai pendapat pengguna memberikan total skor jawaban sebanyak 243 dan menhasilkan penilaian dalam bentuk persentase sebesar 51% yang menyatakan bahwa media pembelajaran video interaktif ini sudah baik. The Objective of this research is to get and analyze the data of media interactive video on making of circular skirt with the draping technic based on the material and media aspect. The research was done in the Program Studi Tata Busana, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. This research using pre-experimental one shoot case study methods. Researcher make a medium learning in the cd that combines several components including layout, text, pictures, audio and video. The disc was made through several step, the first is determine the theme, then collect and preparing for fashion draping especially on circular skirt which fit with syllabus lecture, then develop media frame (story board), and the final process is to develop media interactive video learning. The further step of media interactive learning is the validation step. It was validated by two subject and media experts each and also involved 30 students of tata busana which are joining the lecture of fashion draping. The descriptive technic of statistic analysis was used with the rating scale evaluation. The results evaluation of media learning interactive video making of circular skirt with the draping technic indicate that this media is good for use. The good result was given by two subject expert, two media expert and it was strengthened by the student questioner resut as a user of this interactive video. 84 of Total score with result in 87.5% was given by two subject expert. It was evaluated based on the criteria of media learning, long term user, user friendly, clear picture and clearly subject description. 76 of Total score with result in 86.5% was given by two media expert. It was evaluated based on components of multimedia for clear picture and precisely backsound selection. 243 of Total score with result in 51% was given by Student as user which stated that this media learning interactive video is good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Vivi Radiona SP, M.Pd 2) Dra. Melly Prabawati, M.Pd
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:42
Last Modified: 14 Jun 2022 06:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30300

Actions (login required)

View Item View Item