UPAYA PEMANFAATAN MEDIA BOLA KARET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 99 JAKARTA TIMUR

HERI SUSANTO SIREGAR, . (2017) UPAYA PEMANFAATAN MEDIA BOLA KARET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 99 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB)
[img]
Preview
Image
20170815_082102.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
COVER UNJ.pdf

Download (119kB)
[img] Text
19.DAFTAR RIWAYAT HIDUP cv.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (994kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi bab1 sd 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (201kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajara passing atas bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri 99 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 99 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian melibatkan 2 kolaborator dan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri 4 kali pertemuan. Siklus I menggunakan media bola karet . kondisi awal siswa yang diteliti belum bisa melakukan passing atas dengan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Hasil dari siklus I adalah sebagai berikut : (1) Guru memberikan motivasi kepada siswa sesuai rencana pembelajaran, hasilnya adalah siswa aktif 23, siswa sedang 10, dan siswa pasif 6 dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, (2) Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas siswa pada pembelajaran passing atas bola voli adalah 25,30 (3) siswa yang belum mampu melakukan pembelajaran passing atas 11 siswa (26%). Hasil dari siklus II (1) Guru memberikan Motivasi kepada siswa sesuai rencana pembelajaran, hasilnya adalah siswa aktif 34, siswa sedang 3, siswa pasif 3 dalam mengikuti kegiatan pembelajaran , (2) berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus II nilai rata-rata kelas siswa pada pembelajaran passing atas bola voli adalah 28, 79, (3) siswa yang belum mampu melakukan pembelajaran passing atas bola voli 10% siswa yaitu belum mencapai batas ketuntasan minimal 75 sedangkan siswa sudah mencapai batas ketuntasan menimal 34 siswa (90%). Hasil akhirnya ada peningkatan siswa yang aktif dalam pembelajaran dan penurunan siswa yang kurang akitif serta pasif. Peningkatan juga terdapat pada nilai rata-rata kelas di siklus II. Maka upaya Pemanfaatan media pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran passing atas bola voli dapat meningkatkan hasil belajar siswa. The purpose of this study is to improve the learning outcomes passing on volleyball in the seventh grade students of SMP Negeri 99 Jakarta. This research was conducted at SMP Negeri 99 Jakarta. The research method used is Classroom Action Research with qualitative and quantitative data collection. The study involved 2 collaborators and performed 2 cycles, each cycle consisting of 4 meetings. Cycle I using rubber ball media. The initial condition of the studied student has not been able to pass over with and less actively in the learning. The results of the first cycle are as follows: (1) The teacher gives motivation to the students according to the lesson plan, the result is active student 23, the student is 10, and the passive student 6 in following the learning activity, (2) Based on student learning outcomes in cycle I value The average class of students on learning passing over volley ball is 25,30 (3) students who have not been able to do passing learning on 11 students (26%). The result of cycle II (1) The teacher gives motivation to the students according to the lesson plan, the result is active students 34, students are 3, passive students 3 in follow learning activities, (2) based on student learning outcomes in cycle II grade On learning passing on the volleyball is 28, 79, (3) students who have not been able to do passing learning on volleyball 10% siswayaitu not reached the completion limit of at least 75 while the students have reached the limit of completeness of 34 students (90%). The end result is an increase in students who are active in learning and decreased students are less akitif and passive. The increase is also found in the mean grade in cycle II. So the effort of utilizing instructional media applied in learning passing on the volleyball can improve student learning outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Samsudin, M.Pd 2) Drs. Sudarso, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:35
Last Modified: 16 Jun 2022 06:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30395

Actions (login required)

View Item View Item