PENGUJIAN VARIABEL PENGEREMAN DAN KARAKTERISTIK BAHAN PADA KAMPAS REM CAKRAM BERBAHAN KOMPOSIT SERBUK KAYU DAN SERBUK KARBON

FICKRI WIDYARMA, . (2017) PENGUJIAN VARIABEL PENGEREMAN DAN KARAKTERISTIK BAHAN PADA KAMPAS REM CAKRAM BERBAHAN KOMPOSIT SERBUK KAYU DAN SERBUK KARBON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
11.ALL SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kebutuhan akan material kampas rem ramah lingkungan dan pemanfaatan limbah serbuk kayu dan serbuk karbon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengujian variabel pengereman dan karakteristik bahan pada kampas rem komposit serbuk kayu dan serbuk karbon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Parameter yang diuji adalah waktu pengereman, sifat termal, kekerasan dan pengurangan massa. Kampas rem yang digunakan spesimen C0KY40 (serbuk karbon 0%), C2KY40 (serbuk karbon 2%), C4KY40 (serbuk karbon 4%), C6KY40 (serbuk karbon 6%), C8KY40 (serbuk karbon 8%), C10KY40 (serbuk karbon 10%) dengan campuran serbuk kayu 40% dan matriks resin polyester. Hasil pengujian variabel pengereman pada semua spesimen menunjukkan bahwa waktu pengereman semakin lama dengan naiknya kecepatan. Hasil pengujian variabel pengereman, menunjukkan bahwa spesimen C2KY40 memiliki indikasi yang paling mendekati kampas rem standar. Hasil pengujian karakteristik bahan menunjukkan bahwa pengujian TGA spesimen C6KY40 memiliki perubahan massa yang paling rendah dibandingkan spesimen lain. Hasil pengujian kekerasan bahan pada spesimen C2KY40, C4KY40, C6KY40, C8KY40, C10KY40 tingkat kekerasan semakin menurun dengan bertambahnya prosentase karbon dan spesimen C0KY40 memiliki tingkat kekerasan paling tinggi. Namun hasil kekerasan yang mendekati kampas rem standar adalah spesimen C10KY40. Pada hasil pengurangan massa tingkat pengurangan massa paling rendah adalah spesimen C10KY40. Hasil pengujian karakteristik bahan, menunjukkan bahwa spesimen C10KY40 memiliki indikasi mendekati kampas rem standar. This research will be based on the needs of the brake shoes eco-friendly materials and utilization of waste sawdust and carbon powder. This research aims to know the results of variable braking and characteristics of composite brake shoes materials on sawdust and carbon powder. This research uses experimental methods. The parameters tested was the time of braking, thermal properties, hardness and mass reduction. Brake shoes that used specimen C0KY40 (carbon powder 0%), C2KY40 (carbon powder 2%), C4KY40 (carbon powder 4%), C6KY40 (carbon powder 6%), C8KY40 (carbon powder 8%), C10KY40 (carbon powder 10%) of the carbon powders mixed with sawdust 40% and polyester resin matrix. The results of testing braking variables on all specimens show that the braking time is getting longer with the speed increase. Variable braking test results, indicating that the specimen of C2KY40 has the most indications approaching the standard brake shoes. The test results showed that the material characteristics testing TGA C6KY40 specimens have the lowest mass of changes than other specimens. The results of testing the hardness of the material on the specimen C2KY40, C4KY40, C6KY40, C8KY40, C10KY40 the level of violence declined with increasing percentage of carbon and C0KY40 specimens have the level of violence is highest. Mass reduction results in the reduction of the level of the lowest mass is a specimen of C10KY40. The test results show that the material characteristics of the specimens C10KY40 have an indication of the approaching brake shoes standard.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Siska Titik Dwiyanti, S.Si., M.T 2) Ahmad Kholil, ST.,MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:59
Last Modified: 16 Jun 2022 08:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30422

Actions (login required)

View Item View Item