Karakteristik Prestasi Motor Bensin 2-Langkah Direct Injection 110 Cc Dalam Variasi Waktu, Durasi Injeksi Dan Tekanan Bahan Bakar

Fajar Rumanto, . (2018) Karakteristik Prestasi Motor Bensin 2-Langkah Direct Injection 110 Cc Dalam Variasi Waktu, Durasi Injeksi Dan Tekanan Bahan Bakar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi fajar rumanto skripsi 5315122780 fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Solusi untuk memperbaiki efisiensi dan mengoptimalkan motor bensin 2- langkah salah satunya dengan menggunakan teknologi sistem injeksi langsung. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh sudut waktu injeksi, sudut durasi injeksi dan tekanan bahan bakar terhadap unjuk kerja motor bensin kecil 110 cc 2-langkah direct injection, sehingga didapat setelan sudut dan tekanan yang tepat menghasilkan unjuk kerja yang optimal. Penelitian menggunakan metode eksperimental. Pengujian dilakukan untuk mengetahui kinerja mesin, khususnya parameter RPM, torsi, daya dan BSFC dengan mengatur variabel tekanan bahan bakar (6, 7, 8 bar) dan waktu injeksi (85o, 90o, 95o) sebelum TMA dan durasi injeksi (45o, 55o, 65o) pada papan cakram pickup optical. Modul injeksi sebagai sebagai pusat kendali injeksi mengatur durasi dan timing injeksi untuk kondisi operasi mesinnya. Proses pengujian dengan pengukuran unjuk kerja menggunakan aparatus prony brake mengontrol beban untuk memperoleh kecepatan mesin, brake torque dan brake power sedangkan SFC dibutuhkan stopwatch untuk durasi konsumsi sebanyak 100ml bensin yang selanjutnya dilakukan kalkulasi BSFC. Data hasil pengujian kinerja mesin uji menunjukkan bahwa torsi rem puncak 12.55 Nm dapat dicapai pada kecepatan mesin 1940 RPM, kecepatan mesin puncak tanpa beban 2898 RPM, daya rem puncak 2.67 kW dapat dicapai pada kecepatan mesin 2327 RPM dan BSFC terendah sebanyak 307.5 g/kWh pada kecepatan 2415 RPM (setting 85o-55o-8 bar). Berdasarkan analisis data perbandingan torsi, daya dan BSFC dapat disimpulkan bahwa waktu injeksi 85o dan durasi injeksi 55o sampai 65o pada tekanan bahan bakar 8 bar menjadi yang paling optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Darwin Rio Budi Syaka, M.T 2) Ragil Sukarno, ST., MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Oct 2019 10:21
Last Modified: 17 Oct 2019 10:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item