PENGARUH BELIEFS TENTANG BELAJAR BAHASA INGGRIS, SELF REGULATION, DAN SELF ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA SMA

YEYET NURHAYATI, . (2015) PENGARUH BELIEFS TENTANG BELAJAR BAHASA INGGRIS, SELF REGULATION, DAN SELF ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA SMA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS.pdf

Download (33MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keyakinan tentang belajar bahasa Inggris, kemandirian, dan penerimaan diri terhadap hasil belajar menulis bahasa Inggris siswa SMA. Sampel diambil dengan menggunakan metode acak sederhana. Penelitian dilakukan dengan memberikan tiga kuesioner untuk variabel bebas dan mengambil nilai menulis bahasa Inggris menggunakan rubrik penilaian menulis. Instrumen penelitian sebelumnya divalidasi oleh para pakar dan panelis. Kemudian secara empiris, instrumen penelitian diberikan pada 200 siswa SMA kelas XI. Setelah itu, 225 siswa yang berbeda menjawab kuesioner versi akhir. Data dikumpulkan dan dihitung menggunakan analisis jalur untuk menguji enam hipotesis. Analisa juga menggunakan Program Lisrel 8,80. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: 1) Hasil belajar bahasa Inggris secara langsung positif dipengaruhi oleh Beliefs tentang belajar bahasa Inggris, Self Regulation, dan Self Esteem, 2) Self Esteem secara langsung positif dipengaruhi oleh Beliefs tentang belajar bahasa Inggris dan Self Esteem, dan 3) Self Regulation secara langsung positif dipengaruhi oleh Beliefs tentang belajar bahasa Inggris. The purpose of the study is to find out the effect of beliefs about learning English, self regulation, and self esteem toward the achievement of writing for senior high school’s students. The sample was taken by using simple random sampling method. The study was conducted by giving out three questionares for the independent variables and by taking writing scores through writing rubric for the dependent variable. These research instruments were validated through expert’s and panelist’s judgement. Then, empirically, these instruments were tried out to 200 senior high school students grade XI. Afterwards, 225 different students answered the final version of the quetionares. The data were collected and calculated using path anlysis to test six hipotheses. The analysis was also carried out by using Lisrel 8.80 programme. The result of the study show: 1) Writing achievement was directly and positively effected by beliefs about learning English, self regulation, and self esteem, 2) Self esteem was directly and positively effected by both beliefs about learning English and self regulation, and 3) Self regulation was directly and positively effected by beliefs about learning English.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Gaguk Margono, M. Ed. ; 2). Dr. Wardani Rahayu, M. Si.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S2 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:15
Last Modified: 22 Jun 2022 07:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30550

Actions (login required)

View Item View Item