UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DI SMK PERGURUAN CIKINI PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASIS DAN PEMINDAH TENAGA

EDI SUSANTO, . (2017) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DI SMK PERGURUAN CIKINI PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASIS DAN PEMINDAH TENAGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, Lem. Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Guru menyampaikan tujuan dan pokok-pokok pembelajaran, memberikan motivasi, melaksanakan diskusi, dan mengevalusi proses pembelajaran pada mata pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga Kelas XI di SMK Perguruan Cikini Jakarta. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses kegiatan setiap siklusnya memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan pengambilan data dilakukan pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2016 sampai dengan hari Senin tanggal 29 Agustus 2016. Kegiatan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar penilaian praktik, rubik penilaian sikap dan lembar observasi proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis terlihat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (≥75), pada siklus I terdapat 24 siswa atau 66,67%, dan pada siklus II terdapat 30 siswa atau 83,33%. Sedangkan perolehan nilai ketrampilan yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada siklus I sebesar 75% dan 100% pada siklus II, untuk pencapaian nilai sikap siswa siklus I sebesar 88,89% dan 91,76% pada siklus II. Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga di kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan Sekolah Menengah Kejuruan. The aim of study is to determine the increasing of student learning outcomes by implementing problem based learning (PBL). Teachers communicate its goals and learning issues, provide motivation, carry out discussions and evaluate the learning process on the subjects of Maintenance Chassis and Power Shifters in XI grade at SMK Perguruan Cikini, Jakarta. This research method is Action Research (PTK). The process of each cycle has four stages: planning, action, observation, and reflection. Population and sample in this study is a XI grade student majoring Light Vehicle Engineering Vocational High School. Implementation of the data collection had done on Monday, August 22, 2016 until Monday, August 29, 2016. The data collection activities are performed by using the test results to learn, practice assessment sheet, the rubric of assessment and learning process observation sheet. Based on the analysis, it looks the improving student learning outcomes which use problem-based learning model, it can be seen from the number of students who meet the minimum completeness criteria (≥75), in the first cycle, there were 24 students or 66.67%, and the second cycle, there are 30 students or 83.33%. While the acquisition of skills values that achieve a minimum completeness criteria in the first cycle of 75% and 100% in the second cycle, for the achievement of the value of the students' attitude first cycle of 88.89% and 91.76% in the second cycle. The implication of this research is problem-based learning model can be the one way to improve learning outcomes and Movers Maintenance Chassis Power in XI grade Lightweight Vehicle Engineering Department of Vocational Education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Hj. Hartati, M.Pd 2) Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Jun 2022 09:33
Last Modified: 22 Jun 2022 09:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30568

Actions (login required)

View Item View Item