PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG KACANG TUNGGAK (vigna unguiculata) PADA PEMBUATAN KUE KERING KACANG TERHADAP DAYA TERIMA KONSUMEN

DWI RAHMAWATI, . (2017) PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG KACANG TUNGGAK (vigna unguiculata) PADA PEMBUATAN KUE KERING KACANG TERHADAP DAYA TERIMA KONSUMEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
fix skripsi dwi.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan tepung kacang tunggak pada pembuatan kue kering kacang terhadap daya terima konsumen dari aspek warna, rasa, aroma dan tekstur. Waktu penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pastry & Bakery Program Studi Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Januari 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kue kering kacang penggunaan tepung kacang tunggak. Sedangkan sampel adalah kue kering kacang penggunaan tepung kacang tunggak dengan persentase 40%, 50%, 60%. Hasil perlakuan dinilai berdasarkan aspek warna, rasa, aroma dan tekstur dengan menggunakan uji daya terima konsumen kepada 30 orang panelis. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata tertinggi untuk aspek warna (4,47) dengan persentase 50%, yaitu cokelat kekuningan. Nilai rata-rata tertinggi aspek rasa (4,23) dengan persentase 50% yaitu manis. Nilai rata-rata tertinggi aspek aroma (4,23) dengan persentase 50% yaitu tidak beraroma kacang tunggak. Nilai rata-rata tertinggi aspek tekstur (4,47) dengan persentase 50% yaitu padat renyah. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji friedman dengan taraf signifikan a=0,05 menunjukkan tidak terdapat pengaruh penggunaan tepung kacang tunggak pada pembuatan kue kering kacang terhadap daya terima konsumen pada aspek aroma. Sedangkan dari aspek warna, rasa dan tekstur menunjukkan adanya pengaruh pengunaan tepung kacang tunggak sehingga dilanjutkan dengan uji Tuckey’s. Hasil uji Tuckey’s pada semua aspek pada persentase 50% produk yang paling banyak disukai oleh konsumen. This study aimed to analyze the effect of cowpea flour in the manufacture of pastry nut to consumer acceptance of the aspect of color, flavor, aroma and texture.. This research was conducted at the Pastry & Bakery Food Processing laboratory, Food and Nutrition State University Of Jakarta. When the study was conducted in March until January 2017. This study used an experimental method. The population in this study is the use of bean pastries cowpea flour. While the sample is dried bean cake flour use of cowpea with a percentage of 40%, 50%, 60%. The results of treatment were evaluated based on color, flavor, aroma and texture by using test consumer acceptance to the 30 panelists. Descriptive analysis showed the highest average values for the color aspect (4.47) with a percentage of 50%, which is yellowish brown. The average value of the highest aspects of flavor (4.23) with a percentage of 50% that is sweet. The highest average value aspect aroma (4.23) with a percentage of 50% is not flavorful cowpea. The average value of the highest aspects of texture (4.47) with a percentage of 50% is solid crispy. The results of hypothesis testing using friedman with significance level α = 0.05 showed no effect of cowpea flour in the manufacture of pastry nut to consumer acceptance in the aspect of scent. Meanwhile, from the aspect of color, flavor and texture shows the influence of the use of cowpea flour so followed by Tuckey's test. Tukey's test results on all aspects of the percentage of 50% of products are most favored by consumers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sachriani, M.Kes 2) Cucu Cahyana, S.Pd, M.Sc
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:59
Last Modified: 24 Jun 2022 07:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30620

Actions (login required)

View Item View Item