PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK TUTOR PAUD TENTANG MAKANAN GIZI SEIMBANG BAGI ANAK USIA DINI

DINA SAFIA, . (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK TUTOR PAUD TENTANG MAKANAN GIZI SEIMBANG BAGI ANAK USIA DINI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK TUTOR PAUD TENTANG MAKANAN GIZI SEIMBANG BAGI ANAK USIA DINI_DINA .pdf

Download (714kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa modul pembelajaran tentang makanan gizi seimbang sebagai alat bantu bahan belajar untuk tutor PAUD mengenai makanan gizi seimbang bagi anak usia dini. Modul pembelajaran gizi seimbang bagi anak usia dini ini dibuat dengan sekomunikatif mungkin dan semenarik mungkin agar memudahkan tutor PAUD memahami pentingnya makanan sehat seimbang bagi anak usia dini. Prosedur pengembangan yang digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan produk adalah model pengembangan Borg&Gall yang berorientasi pada pengembangan produk pembelajaran. Langkah-langkah pengembangannya terdiri dari : (a) formulasi produk, (b) spesifikasi pembelajaran, (c) pengembangan produk, (d) uji coba produk, (e) revisi, dan (f) analisis/sosialisasi hasil. Uji coba berupa yang dilakukan pada ahli media dan ahli materi. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan sejumlah informasi yang dibutuhkan untuk menyempurnakan modul pembelajaran yang telah dikembangkan. Dari hasil rekapitulasi uji coba, didapatkan nilai rata – rata 3,5 dari ahli media yang berarti kualitasnya baik, nilai rata – rata 3,5 dari ahli materi yang berarti kualitasnya baik. Hasil uji coba tersebut menunjukkan kualitas modul pembelajaran untuk tutor PAUD tentang makanan gizi seimbang sudah memiliki penilaian baik, sehingga dapat diuji cobakan kepada pengguna (tutor PAUD) . This research aims to produce a product in the form of learning modules on nutritionally balanced food as a tool to tutors early childhood learning materials about balanced nutrition food for young children. Learning modules balanced nutrition for young children made communicative and interesting as possible in order to facilitate the tutor to understand the importance of early childhood education in the development of nutritionally balanced food for young children. Procedure development used as a reference in developing products is a model development Borg&Gall oriented learning product development. The steps development comprising: (a). product formulation, (b). specification of learning, (c) product development, (d). product testing, (e). revision, (f). socialization. Evaluation trials conducted in the form of media experts nutrition experts. This to produce a large amount of information that is needed to enhance the learning modules that have been developed. Recapitulation of this results of the test, the average score is 3,5 which means good quality and value of material experts at 3,5 which means good quality. The test results show the quality of early childhood learning modules for tutors on a balanced nutritional diet already has good judgment so it can be tested to the user (tutor ECD) as atool of food resources balanced nutrition for young children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ari Istiany 2) Dra. Nurlaila AM, M.Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Jun 2022 07:47
Last Modified: 26 Jun 2022 07:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30701

Actions (login required)

View Item View Item