PUTRI KAMALIA HAKIM, . (2011) ENGLISH STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, AND UJIAN NASIONAL OF SMA IN REVISED BLOOM’S TAXONOMY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
APPENDICES_PUTRI KAMALIA.H_2215071462.pdf Download (6MB) |
|
Text
PUTRI KAMALIA.H_2215071462_PEND.B.INGGRIS.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui cakupan Revised Bloom’s Taxonomy dalam Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran bahasa Inggris untuk SMA serta dalam butir soal ujian nasional mata pelajaran bahasa Inggris untuk SMA. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2010 hingga Januari 2011. Metode Analisis Isi dipilih sebagai desain penelitian untuk penelitian ini karena Metode Analisis Isi karena dianggap sesuai untuk memeriksa dokumen dokumen sebagai bukti pengalaman dan interaksi seperti teks-teks dan kaset. Data dalam penelitian ini, semua SK dan KD untuk SMA dan semua butir ujian nasional mata pelajaran bahasa Inggris tahun 2008/2009 set A dan tahun 2009/2010 set A, diperoleh dari dokumen KTSP dan naskah ujian bahasa Inggris untuk SMA termasuk juga kaset untuk bagian Listening. Penulis menganalisis data dengan mengelompokkan kata kerja dan kata benda dari data yang diperoleh menurut hubungannya dengan kategori dan dimensi dalam Revised Bloom’s Taxonomy. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 53% SK dan KD meliputi kategori Understand dan sisanya meliputi kategori Analyze. Semua SK dan KD mencakup pengetahuan konseptual dan dimensi pengetahuan lainnya tidak tercakup. Selain itu, cakupan Revised Bloom’s Taxonomy dalam butir ujian bahasa Inggris untuk SMA pun tidak sejalan dengan cakupan Revised Bloom’s Taxonomy dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris. Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar bahasa Inggris hanya meliputi Remember, Understand, Apply dan Analyze kategori sedangkan butir butir ujian nasional bahasa Inggris untuk SMA meliputi kategori Remember, Understand, Apply, Analyze, dan Evaluate. Lebih dari 90% dari keseluruhan butir soal ujian bahasa Inggris untuk SMA hanya meliputi urutan bawah kategori kognitif yaitu Remember, Understand, dan Apply. Kebanyakan dari butir ujian juga hanya meliputi pengetahuan faktual dan sisanya meliputi pengetahuan konseptual. Tidak ada satupun yang meliputi pengetahuan prosedural dan metakognitif. This study was conducted to investigate the coverage of Revised Bloom’s taxonomy in the English Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) and the English test items of Ujian Nasional for SMA. The study was conducted in October 2010 until January 2011. Content analysis method was chosen as the research design for this study because content analysis method is suitable to investigate documents as traces of experiences or interactions such as texts and cassettes. The data for this study, all SKs and KDs for SMA and English test items of Ujian Nasional year 2008/2009 set A and Ujian Nasional year 2009/2010 set A were obtained from documents of KTSP and documents of English UN including the cassettes of listening section which taken from SMA Negeri 1 Tambun Selatan. The writer analyzed the data by categorizing the verbs and the nouns of the data in relation to the categories and dimension of Revised Bloom’s Taxonomy. The results of this study revealed that 53% of SKs and KDs cover Understand category and the rest cover Analyze category. All of the SKs and KDs cover conceptual knowledge and other knowledge dimensions are not covered. Moreover, the coverage of Revised Bloom’s Taxonomy in English test items of Ujian Nasional for SMA is not aligned with the coverage of Revised Bloom’s Taxonomy in English SK and KD. The SKs and KDs only cover Remember, Understand, Apply and Analyze categories while the test items were associated with Remember, Understand, Apply, Analyze, and Evaluate categories. More than 90% of English test items of Ujian Nasional for SMA only covered low order of cognitive categories (Remember, Understand, and Apply). Most of the test items covered factual knowledge and the rest of them covered conceptual knowledge and none of them covered procedural and metacognitive knowledge.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Ifan Iskandar, M.Hum |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 Jun 2022 21:53 |
Last Modified: | 26 Jun 2022 21:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30737 |
Actions (login required)
View Item |