PENDAPAT GURU SMK TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR TATA KECANTIKAN PADA MAHASISWA PPL (Survei dilakukan di SMK 27 Jakarta, SMK 3 Bogor dan SMK 3 Tangerang)

NURENA, . (2011) PENDAPAT GURU SMK TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR TATA KECANTIKAN PADA MAHASISWA PPL (Survei dilakukan di SMK 27 Jakarta, SMK 3 Bogor dan SMK 3 Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (545kB)
[img] Text
isi.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendapat Guru SMK Tentang Keterampilan Mengajar Tata Kecantikan Pada Mahasiswa PPL yang dilakukan di di tempat pelaksanaan mahasiswa PPL terdiri dari : SMK 27 Jakarta,SMK 3 Tangerang danSMK 3 Bogor Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan penelitian populasi yang dijadikan sampel sebanyak 19 guru Tata Kecantikan menggunakan sampel jenuh karena keterbatasan populasi sehingga populasi yang dijadikan responden. Dalam penelitian ini tidak dilakukan uji hipotesis karena hanya ada satu variabel Instrument berupa angket dalam bentuk skala likert, yang berisi 36 pertanyaan indicator penilaian meliputi 9 delapan aspek yaitu : Keterampilan membuka pelajaran, Keterampilan menjelaskan, Keterampilan bertanya, Keterampilan mengadakan variasi, Keterampilan memberikan penguatan, Keterampilan mengelola kelas, Keterampilan menutup pelajaran. metode demontrasi dan media pembelajaran. Pertanyaan instrumen sudah dikonsultasikan dengan dosen ahli data dikatakan valid apabila nilai dengan reliabilitas 0,961 dengan nilai rhitung 0,653dengan taraf signifikan 5% dan jumlah data (n) = 19 maka didapat rtabel sebesar 0,456 Berdasarkan hasil penelitian dari 9 indikator yang diteliti maka hasil yang didapat Keterampilan membuka pelajaran mahasiswa PPL Cukup Baik (52,6%) dan Kurang Baik (47,4%), Keterampilan menjelaskan mahasiswa PPL Cukup Baik (57,9%) dan Kurang Baik (42,1%), Keterampilan bertanya mahasiswa PPL Cukup Baik (47,4%) dan Kurang Baik (52,6%), Keterampilan mengadakan variasi mahasiswa PPL Cukup Baik (57,9%) dan Kurang Baik (42,1%), Keterampilan memberikan penguatan mahasiswa PPL Cukup Baik (42,1%) dan Kurang Baik (57,9%), Keterampilan mengelola kelas mahasiswa PPL Cukup Baik (52,6%) dan Kurang Baik (47,4%), Keterampilan menutup pelajaran mahasiswa PPL Cukup Baik (52,6%) dan Kurang Baik (47,4%). Metode demontrasi mahasiswa PPL Cukup Baik (57,9%) dan Kurang Baik (42,1%) dan Media pembelajaran mahasiswa PPL Cukup Baik (42,1%) dan Kurang Baik (57,9%). Dari keseluruhan pendapat responden tentang keterampilan mengajar mahasiswa PPL Cukup Baik (52,6%) dan Kurang Baik (47,4%) This study aims to determine the opinion of Teaching Skills Teachers SMK About Beauty By PPL Students who performed at the place of execution consists of PPL students: SMK 27 Jakarta, Tangerang and SMK SMK 3 3 Bogor This research uses descriptive quantitative method with population studies that used a sample of 19 teachers use the sample saturated Beauty limitations because of the population so the population is used as respondents. In this research, hypothesis testing is not done because there is only one variable Instrument in the form of a Likert scale questionnaire, which contains 36 questions covering nine indicators assessment of eight aspects: open Skills lessons, explaining Skills, Skills asked, holding variation Skills, Skills provide reinforcement, classroom management skills, closing skills lessons. demonstration method, instructional media questions already consulted with faculty experts say the data is valid if the reliability value 0,961 the value of 0.653 rhitung with significant level of 5% and the amount of data (n) = 19 then obtained for 0.456 rtabel Based on the results of nine indicators, Based on the results of 9 indicators studied the results obtained open the lesson students PPL Skills Good Enough (52.6%) and Not Good (47.4%), describes the student PPL Skills Good Enough (57.9%) and Less Good (42.1%), ask students PPL Skills Good Enough (47.4%) and Not Good (52.6%), held a variety of student PPL Skills Good Enough (57.9%) and Not Good (42.1% ), strengthening student skills give PPL Good Enough (42.1%) and Not Good (57.9%), classroom management skills Good Enough PPL students (52.6%) and Not Good (47.4%), closing skills Good Enough lessons PPL students (52.6%) and Not Good (47.4%). Method of student demonstrations PPL Good Enough (57.9%) and Not Good (42.1%) and student learning PPL Media Good Enough (42.1%) and Not Good (57.9%). Of the total respondents' opinions about the teaching skills of students PPL Good Enough (52.6%) and not good (47,4%)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Lilies Yulastri, M. Pd 2) Dr. Dwi Atmanto, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 20:29
Last Modified: 27 Jun 2022 20:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30796

Actions (login required)

View Item View Item