PENGARUH BERMAIN BINGO TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 7-8 TAHUN (Eksperimen di SDN Pinang 4 , Kota Tangerang)

ANGGER PRIMA WIDHIASIH, . (2011) PENGARUH BERMAIN BINGO TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 7-8 TAHUN (Eksperimen di SDN Pinang 4 , Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK, kt pengantr, dftr isi.pdf

Download (85kB)
[img] Text
bab III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (439kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi angger.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kegiatan bermain bingo terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak usia 7-8 tahun di Kecamatan Pinang. Penguasaan kosakata Bahasa Inggris yang dimaksud adalah kemampuan Bahasa Inggris yang dimiliki anak usia 7-8 tahun yang merupakan siswa kelas 2 SD khususnya penguasaan kosakata Bahasa Inggris setelah menerima perlakuan permainan bingo yang diukur melalui tes tertulis yang dilaksanakan oleh guru yang meliputi kompetensi dasar kelas 2 SD yaitu mengidentifikasi atau (1) memahami bunyi kata, frase atau kalimat sederhana, (2) mengucapkan kata yang telah disediakan, (3) membaca nyaring dan memahami kata atau frase Bahasa Inggris dan (4) menyalin kosakata Bahasa Inggris sederhana secara tepat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2011 di SDN Pinang 4 dan SDN Pinang 6, Tangerang, Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menerapkan posttest – only control design. Sampel diambil dengan menggunakan random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah anak usia 7-8 tahun yang merupakan siswa kelas 2 SDN Pinang 4 sebanyak 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas 2 SDN Pinang 6 sebanyak 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes tertulis. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh harga thitung = 4,816 dan harga ttabel = 1,686, dengan dk = 38 pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa thitung > ttabel, sehingga terdapat pengaruh positif kegiatan bermain bingo terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak usia 7-8 tahun. Dengan penelitian ini diharapkan sekolah dasar dapat menerapkan permainan bingo dalam pembelajaran Bahasa Inggris, serta orang tua dan guru memahami bahwa melalui bermain bingo anak dapat memperoleh banyak pengalaman. This Research aims at investigating the influence of bingo games toward English vocabulary mastery of children 7-8 years age at Pinang Sub-disctrict. The mastery of English vocabulary in this study means English competence of children 7-8 years age as students year 2 elementary school especially the mastery of English vocabulary after given the treatment of bingo games measured by written test including basic competence of students year 2 elementary school that is identifying or (1) understanding sound of a word, phrase or simple sentence, (2) uttering word provided by the teacher, (3) reading aloud and understanding word or english phrase and (4) rewriting simple English vocabulary quickly. This research was conducted in May-June 2011 in Pinang 4 and Pinang 6 Elementary, Tangerang, Banten. The method used was experimental design with posttest-only control design. The sample was taken through random sampling. The respondent was Pinang 4 elementary school students year 2 at the age 7-8 years old with the total of 20 students as experimental group and 20 students from pinang 6 elementary school with the same grade and age as the experimental group, called control group. Data collecting technique used was written test. While the analysis technique used was t-test. Based on the result of hypotesis tested using t-test, thitung = 4,816 and ttabel = 1,686, with dk = 38, α = 0,05. From this result, it can be concluded that thitung > ttabel, consequently, there was a positive influence on bingo games toward the mastery of English vocabulary of children 7-8 years age. With this research, it is hoped that the elementary schools can apply bingo games on English learning also the parents and teachers understand that the children can gain many experince from bingo games.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra, Nurbiana Dhieni M.Pd 2) Dr. Nurjanah, SP, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:08
Last Modified: 28 Jun 2022 06:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30859

Actions (login required)

View Item View Item