TINDAK TUTUR ILOKUSI ANTARA GURU DAN SISWA PADA ANAK PENYANDANG DOWN SYNDROME

INTEN FITRIANI, . (2016) TINDAK TUTUR ILOKUSI ANTARA GURU DAN SISWA PADA ANAK PENYANDANG DOWN SYNDROME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP inten.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
PDF Full Skripsi 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai fenomena tindak tutur yang dimiliki para siswa penyandang DS pada SLB Dharma Wanita Bogor yang dilaksanakan sejak 20 Januari 2016 hingga 10 Februari 2016. Fokus penelitian ini ialah untuk menganalisis tindak tutur ilokusi pada para siswa penyandang Down Syndrome. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui analisis percakapan antara guru dan siswa dengan merekam aktivitas belajar mengajar di SLB Dharma Wanita Kota Bogor di dalam kelas. Pada analisis tindak tutur ilokusi para siswa SLB Dharma Wanita Kota Bogor ditemukan ilokusi asertif 25 buah, ilokusi direktif 7 buah, ilokusi komisif 5 buah, ilokusi ekspresif 4 buah, ilokusi deklaratif tidak ditemukan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa jenis tindak tutur para siswa pada anak penyandang DS di SLB Dharma Wanita Kota Bogor yang paling banyak ditemukan ialah ilokusi asertif, yaitu sebanyak 25 buah. Ilokusi asertif menjadi jenis tindak tutur yang paling sering digunakan untuk menyatakan sesuatu kepada lawan tutur karena banyaknya pernyataan yang diucapkan siswa penyandang DS. Ilokusi deklaratif jarang sekali ditemukan karena dalam percakapan antara guru dan siswa pada anak penyandang DS karena tidak adanya korespondensi antara isi dan realitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Liliana. Muliastuti, M. Pd ; 2). Asisda Wahyu, M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2020 10:49
Last Modified: 29 Jan 2020 10:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3086

Actions (login required)

View Item View Item